• Home
  • News
  • Dahlan Iskan Resmikan Peluncuran PT Pelindo Marine Service
Dahlan Iskan Resmikan Peluncuran PT Pelindo Marine Service
Friday, 27 January 2012

PT Pelindo III meresmikan PT Pelindo Marine Service (PT PMS) sebagai anak perusahaan baru yang ke-6.

Direktur Utama PT Pelindo III Djarwo Surjanto menjelaskan anak perusaahan ini adalah upaya pemisahaan atau Spin off BUMN. Tujuannya, untuk memaksimalkan usaha serta peningkatan kerja di sektor perkapalan dan memberi pelayanan yang efesien.

"PT PMS ini diharapkan bisa menjadi perusahaan jasa perkapalan yang besar di Tanjung Perak khususnya serta kawasan timur indonesia (KTI) pada umumya," kata Surjanto saat peluncuran PT PMS di Nilam Jalan Prapat Kurung, Surabaya, Jum'at (27/1/2012).

Ia menegaskan, pihaknya memberikan beban secara khusus kepada manajemen PMS agar bisa mengembangkan. Unit Perkapalan yang kini bermetamorfosis menjadi PMS agar lebih besar yang saat ini memiliki armada 46 unit.

Sektor usaha perawatan kapal akan menjadi fokus usaha dengan jaminan waktu docking kapal atau perbaikan lebih cepat dan efisien. "Hasil usaha harus diatas 10% dari pendapatan dan berkontribusi laba yang positif bagi Pelindo III,” tandasnya.

Selain PT PMS, Pelindo III juga memiliki sejumlah anak perusahaan. Diantaranya, PT Terminal Petikemas Surabaya, PT Berlian Jasa Terminal Indonesia, PT Rumah Sakit Pelabuhan Surabaya, PT Portek Indonesia dan PT Ambang Barito Nusa Persada. Dalam peluncuran PT PMS ini juga dihadiri Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Sementara Khoirul Anwar, selaku Dirut PT PMS mengatakan menjalankan usaha ini berpegangan pada visi dan misi untuk mencapai tujuan perusahaan. "Agar jasa perkapalan dengan tingkat pelayanan yang prima," katanya.

Sehingga adanya PT PMS berharap organisasi perkapalan agar lebih efisien dan fleksibel, dan untuk 46 unit eksisting akan diperkembangkan lagi supaya waktu docking lebih cepat.

PT PMS ini berdiri untuk jasa angkut diperairan, menyediakan fasilitas dan pelayanan jasa pemandu, jasa mendorong dan menarik kapal, serta memberikan pelayanan jasa berbagai jenis kapal dan tongkang untuk kegiatan spesifik.