• Home
  • News
  • Pelindo Marines Kolaborasi dengan Unusa Dukung Program Kampus Merdeka
Pelindo Marines Kolaborasi dengan Unusa Dukung Program Kampus Merdeka
Monday, 15 November 2021

Surabaya (15/11) - Pelindo Marines berkolaborasi dengan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) dalam mendukung Program Kampus Merdeka yang didorong oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. Kerja sama tersebut diresmikan dengan penandatangan Dokumen Kerja Sama Unusa dengan dunia usaha dan industri di Kampus B Unusa, Surabaya, Senin (15/11). Selain Pelindo Marines, sejumlah entitas Pelindo Group juga menandatangani kerja sama serupa, yakni Pelindo Terminal Petikemas, Terminal Petikemas Surabaya, BJTI Port, Terminal Teluk Lamong, Pelindo Energi Logistik, dan Pelindo Citra Nutrindo. 
Rektor Unusa Prof. Dr. Ir. Ahmad Jasidi, M. Eng. dalam sambutannya menyebutkan bahwa Unusa menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang dijalin. Menurutnya, kuliah fakta (praktik) menjadi hal yang sangat penting. Karena menjadi sarana update implementasi ilmu pengetahuan pada tataran industri. 
"Peran aktif industri pada pendidikan kampus dapat mewujudkan lingkungan akademik yang menumbuhkan antusiasme mahasiswa dan mahasiswi dalam belajar. Karena mereka dapat berinteraksi dengan berbagai pihak. Kemampuan untuk bekerja dalam satu tim untuk memunculkan ide kreatif dan mengomunikasikannya mutlak dibutuhkan," jelasnya. 
Direktur Keuangan, SDM, dan Umum Pelindo Marines Lia Indi Agustiana usai penandatanganan tersebut menyambut baik adanya kerja sama dengan Unusa. "Pelindo Marines terbuka untuk menerima mahasiswa magang sesuai kualifikasi, perencanaan kebutuhan, dan tersedianya fasilitas di perusahaan. Pemagang akan mendapat pengalaman langsung dinamika di dunia kerja serta regulasi-regulasi terkait. Adanya pemagang juga membawa suasana belajar di organisasi, hal tersebut baik karena bisa memantik inovasi dan kolaborasi," kata Lia Indi. 
Pada kesempatan yang sama, Direktur SDM Pelindo Terminal Petikemas Edi Priyanto menyampaikan bahwa saat ini waktu yang tepat untuk magang, karena mahasiswa dapat belajar proses transformasi di Pelindo yang baru saja merger. 
"Sudah merupakan kewajiban bagi industri untuk membantu peningkatan kompetensi di dunia pendidikan. Dunia industri harus siap mengakomodir Kampus Merdeka sebagai upaya mengikis gap antara dunia pendidikan dan industri," ungkapnya. 
Sejalan dengan Lia Indi, ia juga mengatakan bahwa pemagang dapat mengerjakan job assigment dan special project agar program magang lebih komprehensif. "Harus ada planning yang baik, dari kampus terkait perencanaan rencana belajar dan minat bakat mahasiswa. Dengan perencanaan yang baik akan tercapai simbiosis mutualisme. Dan dari sisi industri menyiapkan ruang, mentor, ploting penugasan yang sejalan agenda perusahaan. Sehingga mahasiswa benar-benar mendapatkan pengalaman yang real dan yang terpenting peningkatan kompetensi sebagai bekal berkarya kelak untuk negeri," pungkas Edi Priyanto.