• Home
  • News
  • Pentingnya Vaksinasi sebagai Pencegahan Infeksi Penyakit
Pentingnya Vaksinasi sebagai Pencegahan Infeksi Penyakit
Tuesday, 26 October 2021

Surabaya (26/10) - Sejarah vaksinasi di Indonesia sudah berjalan aktif sejak tahun 1958 dan sudah berhasil mengeradikasi beberapa penyakit endemik seperti cacar api dan polio. Di saat Covid-19 ini tengah melanda dunia, vaksinasi menjadi salah satu cara untuk menangkal serta mengurangi penyebaran Virus Corona 19. Seberapa pentingkah vaksin Covid-19 dan bagaimana update terkini terkait keamanan serta efektivitasnya? 
Pada webinar Pelindo Marines yang dipandu dr. Imada Khoironi dan diikuti seluruh pegawai, dikupas tuntas tentang efektivitas dan keamanan Vaksin Covid-19 yang saat ini sedang gencar dilaksanakan oleh pemerintah melalui Kementerian Kesehatan.
Sejak Vaksin Covid-19 tiba di Indonesia, tidak sedikit masyarakat yang belum setuju akan anjuran pemerintah untuk menjalani vaksinasi tersebut. Padahal pemberian vaksin sangatlah penting, bukan hanya untuk melindungi masyarakat dari Covid-19, tetapi juga memulihkan kondisi sosial dan ekonomi negara yang terkena dampak pandemi.
Vaksinasi dan imunisasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian vaksin Covid-19 adalah menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini. 
Meskipun tidak bisa 100 persen melindungi seseorang dari infeksi Virus Corona, vaksin ini dapat memperkecil kemungkinan terjadinya gejala yang berat dan komplikasi akibat Covid-19.
Jadi dengan mendapatkan vaksin Covid-19, kita tidak hanya melindungi diri sendiri, tapi juga orang-orang di sekitar kita yang belum memiliki risiko tinggi bila terjangkit Virus Corona. Karena ada kondisi komorbid yang berbahaya.