• Home
  • News
  • Pelindo Marines Terima Kunjungan Direksi Pelindo Jasa Maritim
Pelindo Marines Terima Kunjungan Direksi Pelindo Jasa Maritim
Monday, 18 October 2021

Surabaya (18/10) – Pelindo Marines menerima kunjungan Direktur Utama PT Pelindo Jasa Maritim (PJM) Prasetyadi beserta seluruh jajaran Direksi, di Kantor Pusat Pelindo Marines, Surabaya, Senin (18/10). Pasca-penggabungan BUMN pelabuhan menjadi PT Pelabuhan Indonesia (Persero) pada awal bulan ini, koordinasi lanjutan di antara entitas usaha di bawah bendera Pelindo Group terus ditingkatkan. “Kunjungan Direktur Utama dan Direksi PJM ke Pelindo Marines menjadi kunjungan kerja yang penting untuk membangun kesepahaman langkah integrasi proses bisnis dan pengembangan pasar ke depan. Terutama terkait layanan marines pada ekosistem pelabuhan,” kata Direktur Komersial, Operasi, dan Teknik Pelindo Marines, Kartiko Adi, usai menerima kunjungan.

 

Kartiko Adi kemudian juga mendampingi site visit Direksi PJM ke Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) milik Pelindo Marines di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Pada Fasharkan tersebut Prasetyadi dan delegasinya meninjau langsung sejumlah kapal tunda dan kapal pandu yang standby untuk pelayanan penundaan dan transportasi pandu di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Gresik, Jawa Timur. “Pelayanan Pelindo Marines sudah semakin berkembang. Jadi tidak hanya pelayanan di pelabuhan-pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo, tetapi juga layanan penundaan di terminal khusus dan layanan tug-and-assist untuk offshore. Selain itu juga sudah ada diversifikasi layanan berupa layanan transportasi material bioenergi, FAME, yang merupakan bagian dari Program Pemerintah RI,” jelas Kartiko Adi.

 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Keuangan, SDM, dan Umum Pelindo Marines, Lia Indi Agustiana, menambahkan, bahwa potensi pengembangan bisnis dan peningkatan layanan marine akan turut meningkat seiring dengan semakin terintegrasinya ekosistem pelabuhan di bawah Pelindo pasca-merger. “Dengan penggabungan Pelindo, maka cakupan area layanan marine menjadi terintegrasi di seluruh Indonesia dengan kapasitas operasional kapal yang juga terkonsolidasi dari keempat perusahaan Pelindo sebelumnya. Terlebih kualitas layanan akan terstandarisasi dengan dukungan proses bisnis yang semakin efisien dalam satu kendali koordinasi,” jelasnya.

 

Direktur Utama PJM, Prasetyadi, mengatakan bahwa dengan kunjungan kerjanya, beserta jajaran direksi dan beberapa top level management, diharapkan dapat berdiskusi langsung agar lebih mengenal bisnis dan layanan Pelindo Marines. “Pelindo Jasa Maritim sebagai sub-holding diharapkan juga bisa mendapat gambaran terkait prospek pengembangan bisnis marine ke depan. Terutama nantinya akan semakin luasnya pasar pelayanan penundaan Pelindo Marines, serta layanan terintegrasi lainnya dari anak perusahaan yang dikelolanya,” kata Prasetyadi.




Layanan marine merupakan salah satu segmen bisnis yang bergerak cepat untuk berkoordinasi dan bersinergi setelah penggabungan Pelindo. Seperti diberitakan sebelumnya, pada September lalu, Direktur Utama PT Jasa Armada Indonesia, Tbk. (IPCM), Amri Yusuf, beserta jajarannya juga telah datang langsung ke Pelindo Marines. Pada kunjungannya tersebut sekaligus menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara Pelindo Marines dan IPCM tentang Penyiapan Rencana Kerja Sama dalam Kegiatan Penyediaan dan Pelayanan Kapal.