• Home
  • News
  • Galang Donor Plasma Konvalesen Di Atas Kapal, Pelindo Marines Raih Top CSV Award 2021
Galang Donor Plasma Konvalesen Di Atas Kapal, Pelindo Marines Raih Top CSV Award 2021
Thursday, 14 October 2021

Jakarta (14/10) – Anak usaha BUMN Pelabuhan Indonesia untuk layanan penundaan kapal, Pelindo Marines, meraih penghargaan Top CSV Award 2021. Penghargaan tersebut diberikan atas pelaksanaan aksi sosial Donor Darah & Plasma Konvalesen Di Atas Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga yang digagas oleh Pelindo Marines pada Maret 2021 lalu. Pengumuman apresiasi tersebut disampaikan pada agenda webinar & virtual awarding ajang apresiasi Program Creating Shared Value (CSV) yang diselenggarakan oleh Majalah Infobrand, lembaga riset TRAS N Co, serta didukung oleh Universitas Airlangga, Kamis (14/10).

Direktur Keuangan, SDM, dan Umum Pelindo Marines, Lia Indi Agustiana, dalam sambutannya dari Surabaya, menyampaikan terima kasih dan bersyukur atas penghargaan Top CSV Award 2021 yang diberikan. “Kami, para pegawai Pelindo Marines atau yang biasa dipanggil dengan Mariners, merasa penghargaan TOP CSV Award 2021 ini sangat spesial. Karena merupakan penghargaan atau rekognisi yang diatribusikan atas niat baik dan komitmen tulus kami dalam upaya turut memberikan manfaat sosial bagi masyarakat,” ungkapnya.

 

“Saya berkeyakinan, prinsip CSV atau created shared value sangat bisa untuk terus dilaksanakan dan dikembangkan dalam langkah kiprah BUMN di Indonesia. Karena CSV sejalan dengan prioritas pertama dari 5 Prioritas BUMN, yakni Meningkatkan nilai ekonomi dan dampak sosial terutama di bidang ketahanan pangan, energi, dan kesehatan,” jelasnya.


Dr. Gancar Premananto, salah satu Dewan Juri Top CSV Award 2021 yang juga pakar CSV dari Universitas Airlangga menyebutkan, bahwa Pelindo Marines merupakan penyedia jasa di bidang kepelabuhanan. Maka pelaksanaan kegiatan CSR (corporate social responsibility/tanggung jawab sosial perusahaan) yang bernuansa kepelabuhan menjadikan masyarakat umum akan memiliki memori yang baik terhadap Pelindo Marines.

 

“Aksi sosial donor darah dan plasma konvaselen sudah banyak dilakukan beberapa institusi, namun Pelindo Marines membuat inovasi, yakni bekerja sama dengan Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga, menjadi satu-satunya event donor di atas kapal. Aspek relevansi dengan bisnis inti dan inovasi yang dilakukan dalam membangun kepedulian kepada masyarakat itulah yang menjadikan kami sebagai dewan juri memasukkan aksi sosial Pelindo Marines sebagai salah satu penerima Top CSV Award 2021," paparnya, yang menjadi Dewan Juri bersama Ketua Komite Nasional Kebijakan Governance dan penulis buku Lead By CSV, Mas Achmad Daniri, dan Founder Komunitas Indonesia Brand Network, Tri Raharjo.

 

Seperti yang dikutip dari website media branding, Infobrand.id, tentang proses penjurian ajang tersebut. Corporate Communications & Stakeholder Relations Manager, Pelindo Marines, Hafidz Novalsyah, pada tahap penjurian mengemukakan bahwa Pelindo Marines melihat adanya permasalahan sosial pada masa Pandemi Covid-19, yakni kekurangan pasokan darah dan plasma konvalesen. Kemudian mengintegrasikan aksi CSR perusahaan dengan branding melalui aksi donor darah dan plasma konvalesen yang menggandeng Kapal RS Terapung Ksatria Airlangga, dan kemudian akhirnya bergabung pula berbagai unsur maritim, baik Lantamal V - TNI AL, Palang Merah Indonesia, regulator, swasta bisnis, hingga komunitas masyarakat dan sukarelawan. “Agenda aksi sosial tersebut sekaligus untuk mengampanyekan pesan ‘Stop Diskriminasi Penyintas Covid-19’ dan menjadi momen koordinasi relawan yang menggagas forum komunikasi para penyintas Covid-19 di wilayah Surabaya,” katanya.

 

Selain Pelindo Marines, juga sejumlah perusahaan nasional, baik BUMN maupun swasta yang turut menerima penghargaan Top CSV Awards 2021 tersebut, di antara yaitu Pertamina, Taspen, Jasa Raharja, Bio Farma, Astra Tol Nusantara, Astra Graphia, Campina, Pupuk Kujang, Semen Gresik, dan lainnya.