• Home
  • News
  • CEO Talks Edisi Agustus: Glokalisasi
CEO Talks Edisi Agustus: Glokalisasi
Wednesday, 18 August 2021

Surabaya (18/8) – CEO Talks Pelindo Marines Group untuk Edisi Agustus 2021 mengangkat tema ‘Transforming Maritime Business with Local Wisdom and Global Mindset’. Pakar Maritim dari Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya, Raja Oloan Saut Gurning, hadir sebagai pembicara utama. Saut Gurning mendedah mulai dari sifat jasa bisnis maritim yang berkarakter terbuka dan sangat kental akan jaringan. Kemudian ia juga membahas definisi yang global mindset dan local wisdom, serta juga memberikan contoh kasus dari Pelabuhan Singapura dan Negara Norwegia.
PSA (perusahaan pengelola Pelabuhan Singapura) memiliki Talent Management Framework yang menjadi panduan bagi perusahaan untuk mendorong organisasi menerapkan hal baru, mendapatkan talenta terbaik dan mengembangkannya, serta kemudian mengintegrasikannya pada organisasi. Sedangkan Norwegia sangat memanfaatkan karakter maritim bangsanya sebagai kearifan lokal yang dikombinasikan dengan mental globalisasi dalam pengembangan negara.
Menurut Saut Gurning, posisi Pelindo Marines Group telah memiliki variasi layanan cukup baik, tapi inovasi harus didorong, bisa mengulik inovasi Kotug dan Svitzer. Begitu juga dari sisi operasi, perlu bergerak ke arah global. “Kita harus memupuk pikiran yang open minded. Melibatkan ahli internasional sebagai pakar dan pengarah. Memperhatikan cara lama sebagai pijakan untuk merancang cara baru dengan perubahan yang bertahap. Kita harus punya visi global dan punya hitungan angka untuk kemajuan kita. Cross dicipline learning dengan menekankan pada learning process,” pesannya.
Agenda tersebut sekaligus menjadi perkenalan bagi Direktur Komersial, Teknik, dan Operasi PT Alur Pelayaran Barat Surabaya yang baru, Made Yuni Christina. Pada pesannya, disampaikan bahwa global mindset itu bukan lagi sebuah pilihan, tetapi tuntutan. Harus menjadi bagian dari perkembangan Pelindo Marines Group. “Harapannya kita bisa berdiskusi bagaimana menjadi global business mindset menjadi bagian dari bisnis kita. Transformasi bisnis bisa terjadi (dalam organisasi), apabila (transformasi) sudah terjadi pada diri para pegawai,” harapnya.