• Home
  • News
  • Kondisi Darurat Pandemi, Pelindo Marines Group Tingkatkan Jumlah Hewan Kurban
Kondisi Darurat Pandemi, Pelindo Marines Group Tingkatkan Jumlah Hewan Kurban
Tuesday, 20 July 2021

Surabaya (19/7) – Pelindo Marines (BUMN Pelindo III Group) bersama anak perusahaannya, PT Alur Pelayaran Barat Surabaya, PT Pelindo Energi Logistik, dan BMC Logistics, menyalurkan 11 ekor sapi dan 5 ekor kambing pada Idul Adha 1442 Hijriah tahun ini. Jumlah hewan kurban tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang sejumlah 10 ekor sapi dan 2 ekor kambing. “Alhamdulillah, Pelindo Marines Group dapat menambah jumlah hewan kurbannya tahun ini. Semoga dapat membantu lebih banyak lagi masyarakat yang membutuhkan. Apalagi di tengah kondisi PPKM Darurat seperti sekarang ini yang meski tujuannya baik demi keselamatan masyarakat, tapi juga berimbas menekan kondisi perekonomian sebagian masyarakat,” ungkap Haris Budiarto, Ketua Panitia Kurban Pelindo Marines Group, Surabaya, Senin (19/7).

 

Ia menambahkan, pada masa Pandemi Covid-19 yang masih dalam PPKM Darurat ini Pelindo Marines Group tidak menyembelih sendiri hewan-hewan kurbannya. Namun disampaikan langsung ke takmir masjid dan masyarakat. “Tetap keselamatan menjadi alasan utama bagi panitia. Prosesi kurban tidak dilaksanakan sendiri sehingga menekan mobilitas pegawai dalam suasana PPKM Darurat. Selain itu dengan disampaikan langsung ke takmir-takmir masjid dan masyarakat membutuhkan yang berada di wilayah kerja kantor Pelindo Marines Group,” tambahnya.

Hewan-hewan kurban tersebut disalurkan tersebar ke berbagai provinsi wilayah kerja Pelindo Marines Group. Untuk wilayah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, disalurkan ke beberapa masjid, di antaranya yaitu Masjid Ar Rahmah dan juga panti asuhan. Selain itu juga disalurkan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Pelabuhan Benoa Bali, serta Pelabuhan Banjarmasin dan Pelabuhan Kotabaru di Kalimantan. “Pelindo Marines Group berupaya menyampaikan hewan kurban ke beberapa pelabuhan, sebagai wujud perhatian ke para pemangku kepentingan hampir di seluruh wilayah kerja kami. Pelindo Marines Group tidak hanya berbisnis pelayanan marine terintegrasi tetapi juga hadir membantu masyarakat yang membutuhkan di hari baik, Peringatan Idul Adha,” pungkas Haris Budiarto.

Ustadz Ahmad Maimun Shodik, perwakilan panitia Masjid Ar Rahmah menyampaikan rasa terima kasih telah memercayakan beberapa hewan kurban Pelindo Marines Group ke pihaknya. “Bukan kali ini saja Pelindo Marines dan grup anak perusahaannya memercayakan kepada Ar Rahmah untuk menyembelih sesuai syariat (tuntunan Agama Islam) dan menyalurkan daging kurbannya ke masyarakat yang membutuhkan. Mereka sebagian besar merupakan dhuafa yang bermukim tak jauh dari Kantor Pelindo Marines Group. Jadi perhatiannya terasa di masyarakat,” kata Ustadz Maimun, ketika menerima hewan kurban secara simbolis.

Manajer Umum dan Humas PT PEL, Mohammad Irwan, menambahkan di Denpasar, Bali, satu ekor sapi disalurkan dan penyembelihannya dilaksanakan bekerja sama dengan Masjid Sabilul Hidayah yang dikelola TNI Angkatan Laut “Daging-daging kurban kemudian secara bersama-sama akan disampaikan ke warga masyarakat yang membutuhkan di Bali. Kami berharap kebahagiaan Idul Adha dapat dirasakan oleh seluruh umat Islam di manapun,” ujarnya.