• Home
  • News
  • Mariners Ikuti Aksi Bersih Kalimas
Mariners Ikuti Aksi Bersih Kalimas
Friday, 04 June 2021

Surabaya (4/6) – Pegawai Pelindo Marines yang akrab dipanggil sebagai mariners, turut berpartisipasi dalam Aksi Bersih Kalimas dan Kampanye Stop Buang Sampah Di Laut di Terminal Kalimas, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Aksi tersebut dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 5 Juni.

 

SM Sistem Manajemen dan Manajemen Risiko Pelindo Marines, Abdulloh Makhrus, mewakili para mariners yang berpartisipasi, mengapresiasi Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya yang menginisiasi kegiatan tersebut. “Pesan Hari Lingkungan Sedunia semakin bergema karena Aksi Bersih Kalimas diikuti oleh berbagai unsur maritim di Pelabuhan Tanjung Perak, mulai dari sejumlah instansi pada sisi regulator, Pelindo III group, hingga operator TUKS swasta,” ujarnya.

 

Dalam sambutan Kepala OP Tanjung Perak Yefri Meidison yang dibacakan oleh Kepala TU Azhar Karim pada apel pagi sebelum memulai Aksi Bersih Kalimas, dalam Rencana Aksi Nasional Penanganan Sampah Laut Pemerintah, terdapat 4 program yang menjadi target Kementerian Perhubungan, yaitu pembangunan sarana prasarana reception facilities, penerapan ISO 14001, sosialisasi tata cara pengelolaan sampah bagi penumpang kapal, serta sosialisasi tata cara pembuangan sampah bagi penyelenggara pelabuhan dan stakeholder di pelabuhan.

 

“Sebagai salah satu upaya pemenuhan target oleh Kementerian Perhubungan tersebut, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak telah menerbitkan Peraturan Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Nomor HK.206/08/07/OP.TPr-2020 Tentang Sistem dan Prosedur Pengelolaan Limbah di Pelabuhan Tanjung Perak, yang didalamnya juga mencakup penanganan sampah,” jelasnya.