CEO Talks Edisi Mei 2021
Friday, 28 May 2021

PMS Group kembali mengadakan CEO Talks pada edisi Bulan Mei 2021. Agenda rutin bulanan dalam format webinar tersebut diikuti oleh seluruh pegawai PMS, APBS, PEL, dan BMC Logistics, pada Jumat (28/5) pagi.

Direktur Keuangan, SDM, dan Umum Pelindo Marines, Lia Indi Agustiana, yang menjadi pembicara dalam CEO Talks PMS Group edisi Bulan Mei 2021, menggugah benak para Mariners dengan topik 'Sudahkan Saya Menjadi Pegawai yang Baik dan Jujur?'. Ia menjelaskan bahwa definisi baik dan jujur sangat kental kaitannya dengan core values BUMN, AKHLAK. 

"Nilai-nilai pada AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) merupakan pondasi atau semacam panduan bagi kita untuk bekerja dengan baik dan jujur. Harmonis dan Kolaboratif misalnya, nilai ini mengarahkan kita untuk bekerja sama dengan baik. Lalu Amanah yang tentunya sangat erat berkaitan dengan refleksi sifap jujur," jelas Lia Indi Agustiana.

CEO Talks tersebut juga menghadirkan konsultan berpengalaman, Endro Hariyuwono, yang membagikan sejumlah pengalamannya dalam dunia pengembangan human capital di berbagai perusahaan BUMN dan swasta nasional. "Salah satu cara untuk menumbuhkan sifat baik dan jujur, para pegawai perlu melakukan semacam audit untuk diri sendiri. Kita perlu menanyakan ke dalam diri kita sendiri, 'apakah saya termasuk pegawai yang baik dan jujur?'" ujarnya.

Menurut Endro Hariyuwono, berdasarkan sejumlah penelitian, kebanyakan pegawai sering menanyakan pertanyaan tersebut. Hal itu merupakan pertanda baik, karena berarti pegawai memiliki kontrol atas dirinya. Namun masalah yang sering muncul, dengan memertanayakan hal tersebut pegawai sebenarnya ingin memperbaiki diri, tapi tidak memiliki panduan. Tidak tahu harus mulai dari mana dan menuju ke mana.

"AKHLAK bisa dihadirkan sebagai panduan yang langsung datang pusat (Kementerian BUMN sebagai regulator). Sehingga bila diterapkan bersama-sama akan membawa multiplier effect yang besar dan potensial untuk mendorong kinerja BUMN Indonesia," pesannya.

Senior Manager SDM dan Umum Pelindo Marines, Haris Budiarto, sebagai moderator mengarahkan kesimpulan bernada motivatif. Mariners PMS Group sebenarnya telah menunjukkan sifat budaya AKHLAK dalam pekerjaan sehari-hari. "Maka sebenarnya bila terus diamalkan bersama dan saling menguatkan, kesadaran diri untuk menjadi pegawai yang baik dan jujur akan terwujud. Dan membawa ketenangan batin. Sehingga kita bis bekerja dengan tenang dan semakin bersemangat untuk berinovasi dan berkontribusi," pungkasnya.\