• Home
  • News
  • 4 Mariners Tulis Buku Aktivitas Kapal Tunda
4 Mariners Tulis Buku Aktivitas Kapal Tunda
Thursday, 04 March 2021

Surabaya (4/3) - 4 pegawai muda Pelindo Marines atau biasa disebut dengan mariners, telah menuntaskan partipasinya pada Knowledge Capture Program yang diinisiasi oleh Pelindo III. Keempat mariners tersebut yaitu Dwi Yudha, Prabawa Adhikara, Saifullah, dan Sofiriwianto, menuliskan hasil program tersebut dalam sebuah buku bertajuk "Aktivitas Kapal Tunda yang Dioperasikan oleh Pelindo Marines". Buku tersebut merupakan disusun tidak saja berdasarkan pengamatan dan analisa atas pengoperasian kapal tunda di anak usaha BUMN Pelindo III itu, tetapi juga senarai pemikiran dari para Subject Matter Expert (SME) di BUMN maritim terbesar di Indonesia tersebut.

Knowledge Capture merupakan teknik untuk memperoleh aspek pengetahuan teknis individu, sehingga wawasan, pengalaman, jaringan sosial dan pembelajaran dapat dibagi untuk mengurangi hilangnya pengetahuan organisasi. "Lokakarya terkait Knowledge Capture di Pelindo III Group diadakan dengan melibatkan para pegawai muda untuk proaktif menjadi agen pembelajar di perusahaan, dengan meng-capture atau mensarikan berbagai pengetahuan dan pengalaman dari para pegawai senior yang dinyatakan sebagai SME untuk topik-topik tertentu," jelasnya.

Dwi Yudha, salah satu peserta Knowledge Capture, mengaku senang bisa mendapatkan pengalaman untuk mengikuti Knowledge Capture Program Pelindo III Group. "Misi yang diberikan kepada kami (tim penulis) untuk menyusun buku tersebut telah membawa kami untuk kembali belajar menambah pemahaman terkait regulasi dan pengelolaan kapal tunda, serta yang terpenting bisa berkesempatan untuk berdiskusi dengan para SME dari berbagai perspektif. Mulai dari operasional kapal tunda hingga safety dan manajemen risiko," ujar Superintendent SMMR di Pelindo Marines itu.

Capt. Hapsoro Nugroho M.Mar. yang menjadi salah satu SME untuk buku tersebut membenarkan bahwa Knowledge Capture Program tersebut sangat penting untuk membuat perusahaan sebagai suatu organisasi yang dinamis memiliki rekaman pengetahuan yang menjadi jembatan cakrawala pengalaman dari pegawai senior dengan puluhan tahun pengalaman ke para juniornya yang sedang merintis tahun-tahun awalnya di dunia maritim yang luas.

"Pengalaman kami berkarya di perusahaan selama puluhan tahun jadi bisa terekam sebagai pengetahuan yang diharapkan bermanfaat agar para generasi penerus bisa bekerja dengan lebih cepat berdasar lesson learned yang dituliskan pada buku, serta tentunya juga agar bisa berkarya dengan lebih inovatif dalam mengembangkan layanan dan operasional perusahaan. Agar bisa terus relevan dan bersaing secara global," pesannya.

Buku tentang aktivitas kapal tunda tersebut rencananya akan dijadikan materi virtual sharing session dari keempat penulis kepada para pegawai Pelindo Marines. Hal tersebut bertujuan untuk menyosialisasikan updated insight dari pengoperasian kapal tunda di perusahaan, kepada para pegawai di berbagai departemen. Karena pengetahuan terkait operasional yang merupakan revenue generator penting juga dipahami oleh seluruh pegawai demi keberlanjutan perusahaan.