• Home
  • News
  • Inovasi Marine e-Commerce untuk Innoreactivation 2.0
Inovasi Marine e-Commerce untuk Innoreactivation 2.0
Monday, 15 March 2021

Surabaya (15/3) - Delegasi Pelindo Marines yang terdiri dari Dhika Ramadhanny, Ery Ferriati, Mulyono, dan Dany Preistian berjuang dalam ajang Innoreactivation 2.0 yang diinisasi oleh BUMN Pelindo III. Pada acara tersebut Tim Pelindo Marines mengangkat inovasi Marine e-Commerce yaitu sebuah aplikasi marketplace terkait charter kapal yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.
"Tujuan adanya inovasi ini yakni guna percepatan layanan baik untuk pemilik kapal maupun pengguna jasa. Karena inovasi ini dapat mendigitalisasi prosedur yang semula masih manual," jelas SM Komersial Pelindo Marines, Dhika Ramadhanny.
Ia melanjutkan, dari segi efisiensi biaya yang didapat sangat penting dalam bersaing dengan kompetitor. Manfaar berikutnya yaitu memudahkan memonitor ketersediaan dan produktivitas serta kinerja layanan. "Selain manfaatnya adalah mampu menciptakan ekosistem baru bisnis marine, mempermudah monitoring kinerja dan simplifikasi untuk pemilik kapal maupun pengguna jasa," ungkap Dhika lagi.
Hal tersebut dibenarkan oleh Superintenden Pengembangan Bisnis, Dany Preistian. Banyak manfaat yang bisa didapat dari inovasi Marine e-Commerce, diantara yaitu sebagai  peningkatan kekuatan armada tanpa perlu investasi armada yang bisa menghemat hingga Rp 50 miliar per kapal. Kemudian dapat meraih pasar dengan variasi kebutuhan dengan valuasi kesempatan sekitar Rp 30 juta per bulan. "Dari segi  efisiensi biaya juga dapat mengurangi marketing fee yang diestimasikan Rp 60 juta per kapal per tahun, serta mengurangi biaya advertising yang bisa mencapai Rp 250 juta," ujarnya.
Mulyono, Manajer TI yang merupakan salah satu anggota tim, mengatakan bahwa dengan pengalaman dan portfolio karya Tim IT Pelindo Marines dalam mengembangkan aplikasi berbasis responsif web dan mobile, inovasi Marine e-Commerce tersebut bisa dibangun dengan budget yang efisien dan sesuai dengan timeline yang ditentukan. "Yang pasti sumber daya internal Pelindo Marines siap membangun inovasi ini, baik mandiri maupun bekerja sama dengan eksternal. Agar inovasi Marine e-Commerce bisa menjadi pilot project inovasi di sektor marine business yang bermanfaat bagi pelaku bisnis," ujarnya optimis.