• Home
  • News
  • CEO Talks! AKHLAK untuk Transformasi Organisasi
CEO Talks! AKHLAK untuk Transformasi Organisasi
Friday, 26 February 2021

Surabaya (26/2) - Agenda rutin internalisasi #AKHLAK di Pelindo Marines yang dikemas dalam CEO Talks virtual kembali dilaksanakan. Direktur Utama Pelindo Marines Umar menegaskan tentang pentingnya implementasi value adaptif, loyal, dan kolaboratif, untuk menjadi landasan para mariners dalam berinovasi dan transformasi. "Nilai AKHLAK harus diingat sebagai satu kapal kita bersama yang membawa kita pada keberhasilan transformasi organisasi. Jadi kita harus keluar dari rutinitas dan membangun transformasi," pesannya.
Pemateri berikutnya yakni pakar manajemen Hendrik Lim yang menjadi narasumber pada diskusi yang dimoderasi oleh Manajer Pemasaran Dhika Ramadhanny. Diskusi transformasi berlangsung asyik dengan beberapa penanya. Hendrik Lim menekankan bahwa salah satu kunci keberhasilan value ialah seluruh insan organisasi harus percaya akan kesaktian nilai tersebut. "Seluruh bagian harus percaya 100% dan yakin dulu. Percaya akan kesaktian value AKHLAK sebagai nilai budaya yang bisa membawa Pelindo Marines bertransformasi menjadi lebih baik. Baru transformasi organisasi berbasis AKHLAK bisa berhasil," tegasnya.
Imam Syafii, peserta agenda virtual tersebut menanyakan dan membuka diskusi tentang kapan sebaiknya value itu perlu diubah. Karena perusahaan sebagai organisasi bersifat dinamis. Terutama terkait strategi dan kondisi sumber daya manusianya. Hendrik Lim kemudian memberikan analogi. Bila diibaratkan strategi perusahaan itu mesin, maka value merupakan oli pelumasnya. Berguna untuk melancarkan strategi. Jadi bila mesinnya tidak beroperasi dengan baik, maka olinya perlu diganti. Sehingga bila strategi perusahaan berganti karena ada pengembangan atau dinamisasi dan bila value yang eksisting kurang optimal dalam mendukung strategi, maka value perlu dipertimbangkan untuk menyesuaikan value yang relevan mendukung strategi perusahaan.