• Home
  • News
  • Pelayanan Marine di Kawasan Ekonomi Khusus
Pelayanan Marine di Kawasan Ekonomi Khusus
Monday, 15 February 2021

Gresik (15/2) - Terminal Manyar yang menjadi gerbang laut kawasan industri terintegrasi pelabuhan, Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) disandari kapal curah kering besar MV. Andes Queen. Kapal berbendera Panama tersebut memiliki panjang Length of Average  (LOA) 183 meter dan mengangkut komoditas pupuk sebesar hingga 33.000 metrik ton. 
2 kapal tunda yang dioperasikan oleh Pelindo Marines, yakni KT. Jayanegara 203 dan KT. Kresna 315 melayani proses penyandaran kapal besar tersebut dengan lancar. Tren kedatangan kapal-kapal berukuran besar terus meningkat di flagship project yang dikembangkan oleh BUMN Pelindo III bersama AKR Corporindo tersebut. 
Belum lama ini Pemerintah telah menetapkan JIIPE sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). KEK JIIPE terletak pada lahan seluas sekitar 3.000 hektar yang terintegrasi dengan fasilitas pelabuhan laut yang memiliki 4 fasilitas dermaga.  Kapal besar dengan ukuran hingga 100.000 DWT dapat sandar dan melakukan bongkar muat di JIIPE. Selain itu, pada pelabuhan yang dioperasikan oleh PT Berlian Manyar Sejahtera (BMS) itu memiliki area labuh kapal yang menapai luas 6.200 meter persegi. Pasar layanan Pelindo Marines di Terminal Manyar, pelabuhan fasilitas JIIPE diproyeksikan akan turut meningkat seiring pengembangan kawasan KEK potensial tersebut.