• Home
  • News
  • Kesehatan Mental itu Penting
Kesehatan Mental itu Penting
Friday, 22 January 2021

Masa pandemi sudah kita jalani hampir sepanjang satu tahun ini. Tentunya banyak hal yang berubah. Baik demi keselamatan diri dan orang-orang tersayang, maupun demi membuat kita bisa tetap produktif dalam berkontribusi. Segala adaptasi kebiasaan tersebut tak jarang membuat kita stres. karena itu Mariners Pelindomarines mengikuti Webinar bertema “Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi dengan Protokol Psikologi”. 
Psikolog dari RS PHC Surabaya, Meutia Ananda membantu mariners agar memahami dan mampu mengukur diri bila merasa stres. Salah satunya yaitu kita harus pandai mengolah stress kita. Saat ini kita harus pandai mengafirmasi pikiran kita dengan kata-kata yang positif seingga kita bisa bekerja secara produktif dan menghasilkan, serta berperan serta di komunitasnya. Selain itu ia juga mengingatkan bahwa stres juga dapat diakibatkan karena mengonsumsi informasi negatif yang biasanya dari media sosial. Jadi hati-hati ya Mariners jangan sampai terjebak hoax yang membuat kita ketakutan untuk hal yang tidak jelas dan tidak perlu.
Mariners, stress ada 2 macam, pertama adalah eustress dan yang kedua adalah distress.Eustress biasanya dikarenakan adanya deadline terdorong untuk menyelesaikannya. Di kecewakan yang mana terdorong untuk segera mencari yang lebih baik dan wabah dimana kita berfikir kerasmemikirkan jalan keluar untuk menghindarinya. Sementara distress menarik diri dari tugas atau takut gagal, jika dikecewakan ingin bunuh diri dan missal terjadi wabah bersikap paranoid, frustasi, insomnia, hilang gairah, dan depresi.
Dampak dari stress bisa bermacam-macam.secara psikis kita bisa mengalami cemas, agresif, apatis, bosan, kelelahan, frustasi kesepian bahkan depresi. Jika secara fisik dapat terlihat dari banyaknya jerawat yang muncul, obesitas, imun tubuh menurun, osteoporosis dan meningkatnya gula darah.
Lalu bagaimana protokol psikologis untuk menjaga kesehatan jiwa mental kita saat pandemic saat ini?Yang pertama adalah batasi informasi secukupnya, dan hindari informasi berasal dari sumber yang tidak valid. Ke dua cari dukungan orang lain untuk apa pun keluh kesah anda. Bisa dengan teman, psikolog atau pasangan. Ketiga adalah bergeraklah beraktivitaslah lakukan hobi. Hal ini penting untuk meiningkatkan mood kita. Berikutnya adalah baik pada diri sendiri dan orang lain, jangan menyusahkan orang lain dengan sikap kita. kelima adalah lakukan relaksasi seperti menyalurkan hobi, me time dan melakukan hal-hal yang menyegarkan jiwa anda. Terakhir lakukan 4 M, menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dan mengelola stress.
Kesehatan mental merupakan bagian dari aspek K3 yang harus diperhatikan oleh perusahaan kepada seluruh pegawainya. Jadi manajemen dan mariners semua harus kompak mengelola risiko stres. Salah satu hal mudah tapi penting yang bisa dilakukan yaitu menjadi rekan yang baik, bekerja dengan baik dan memberi perhatian untuk hal yang baik.