• Home
  • News
  • Semangat Pelindo Marines untuk Bulan K3 Nasional 2021
Semangat Pelindo Marines untuk Bulan K3 Nasional 2021
Tuesday, 26 January 2021

12 Januari hingga 12 Februari diperingati sebagai Bulan K3 Nasional 2021. Tema yang diusung yakni “Penguatan Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Berbudaya K3 pada Semua Sektor Usaha”. Seluruh kru laut dan pegawai darat Pelindo Marines (BUMN Pelindo III Group) menyambut dengan semangat. K3 atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan prinsip penting yang dapat menjaga keselamatan para pekerja, lingkungan, hingga alat kerja. Dalam setiap safety patrol yang dilakukan safety officer dengan berkeliling seluruh sudut wilayah kerja, pesan-pesan penting terkait K3 disampaikan ke semua pekerja galangan dan kru kapal. Bagi seluruh mariners, kolaborasi yang juga sejalan dengan nilai AKHLAK Kementerian BUMN merupakan faktor penting yang saling menguatkan dalam penegakan budaya K3. Hal tersebut untuk menjaga Pelindo Marines sebagai pemangku kepentingan yang profesional di sektor maritim.
Dalam rangkaian agenda kegiatan dalam Peringatan Bulan K3 Nasional 2021 di Pelindo Marines, dimulai dengan pemasangan materi sosialisasi berupa umbul-umbul dan spanduk pesan K3. Pemasangan dilakukan di sudut-sudut wilayah kantor dan fasilitas pebaikan kapal, sehingga banyak pegawai dapat melihatnya. Kemudian ada Safety Management Walkthrough yang dipimpin langsung oleh Direktur Komersial, Operasi, dan Teknik Pelindo Marines Kartiko Adi. Ia didampingi oleh pimpinan Departemen Sistem Manajemen dan Manajemen Risiko serta Pimpinan Departemen Operasi melaksanakan Safety Management Walkthrough pada rangkaian agenda Bulan K3 Nasional 2021. Jajaran top level management yang meninjau langsung kegiatan operasional di lapangan menjadi bentuk komitmen penuh manajemen pada pelaksanaan prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Tanpa mengurangi ketegasan prinsip K3, Direksi melakukan pendekatan simpatik dengan membagikan paket masker medis dan multivitamin kepada pekerja yang ditemui di fasilitas pemeliharaan dan perbaikan kapal.
Sebagai operator layanan jasa penundaan kapal, di Pelindo Marines tentunya safety sudah menjadi kebiasaan wajib. Hari ini safety officer dan petugas medis melaksanakan safety meeting di atas kapal. Kegiatan tersebut untuk menyosialisasikan pencegahan dan penanganan wabah Covid-19 serta risikonya di sisi operasional. Pada safety meeting juga berkolaborasi dengan paramedis RS PHC Surabaya yang melaksanakan fit to work untuk memastikan para kri kapal sehat, bugar, dan siap bekerja. Dengan sinergi ini diharapkan seluruh kru kapal memahami dan berpersepsi sama terkait prinsip dan budaya sadar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dana pengelolaan risiko di kapal.
Pada masa Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, manajemen menggunakan media webinar untuk menggemakan pesan K3 ke seluruh pegawai. Salah satunya yakni pelaksanaan Webinar bertema “Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi dengan Protokol Psikologi”. Psikolog dari RS PHC Surabaya Meutia Ananda membantu mariners agar memahami dan mampu mengukur diri bila merasa stres. Ia juga mengingatkan bahwa stres juga bisa diakibatkan karena mengonsumsi informasi negatif yang biasanya dari media sosial. Jadi hati-hati ya Mariners jangan sampai terjebak hoax yang membuat kita ketakutan untuk hal yang tidak jelas dan tidak perlu. Kesehatan mental merupakan bagian dari aspek K3 yang harus diperhatikan oleh perusahaan kepada seluruh pegawainya. Jadi manajemen dan mariners semua harus kompak mengelola risiko stres. Salah satu hal mudah tapi penting yang bisa dilakukan yaitu menjadi rekan yang baik, bekerja dengan baik dan memberi perhatian untuk hal yang baik. 
Kegiatan berikutnya yang akan dilaksanakan dalam rangkaian Bulan K3 Nasional 2021 yaitu sosialisasi pencegahan dan penanganan wabah Covid-19 di untuk seluruh kru kapal dan pegawai. Selain itu juga akan melaksanakan safety drill di kapal tunda sebagai penyiapan kru kapal untuk mengelola risiko bahaya ketika bekerja di laut.