• Home
  • News
  • Sebulan Beroperasi, Pelindo Marines Angkut 16 Ribu Kiloliter FAME
Sebulan Beroperasi, Pelindo Marines Angkut 16 Ribu Kiloliter FAME
Friday, 08 January 2021

SURABAYAPAGI - Selama satu bulan terakhir, aktivitas pengangkutan FAME (fatty acid methyl esther) yang dilakukan Pelindo Marine Service mencapai 16 ribu kilo liter.
Manajer Komunikasi Korporat dan Relasi Pemangku Kepentingan, Pelindo Marines Hafidz Novalsyah menyampaikan, pengangkutan FAME yang merupakan produksi bioenergi dari bahan bakar nabati telah dilakukan sejak kerja sama diresmikan awal Desember 2020 lalu.
"Posisi hari ini sedang melakukan pengangkutan keempat. Per pengangkutan kapasitasnya kisaran 4.000 kiloliter," kata Hafidz Novalsyah, Jumat (08/01/2021).
Sebagai informasi, pengangkutan FAME dilakukan dari Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) PT Wilmar di Pelabuhan Gresik menuju ke Terminal Mirah di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.
"Pengangkutan dilakukan oleh kru yang (sudah) terlatih," katanya
Menurut Hafidz, pengangkutan bioenergi tersebut juga merupakan bentuk dukungan dari Pelindo Marines terhadap program strategis presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mendorong pemanfaatan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.
"Ini merupakan langkah sinergi untuk mengantisipasi agar program strategis pemerintah tidak terganggu akibat adanya hambatan transportasi pasokan," ucapnya
Perlu diketahui, selama ini pengangkutan FAME dilakukan melalui moda transportasi darat. Model pengangkutan seperti itu tidak akan efisien lagi karena meningkatnya kebutuhan suplai FAME produksi Wilmar ke fasilitas blending Pertamina di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.
"Pemindahan pengangkutan dengan moda transportasi laut menjadi solusi, karena kapal atau tongkang memiliki kapasitas angkut curah yang lebih besar. Sehingga akan memberikan efisiensi yang signifikan dari sisi durasi dan biaya angkut," ungkapnya
Sumber: http://m.surabayapagi.com/read/sebulan-beroperasi-pelindo-marines-angkut-16-ribu-kiloliter-fame