• Home
  • News
  • PMS Launching Pandu Di Pelabuhan Celukan Bawang Bali
PMS Launching Pandu Di Pelabuhan Celukan Bawang Bali
Wednesday, 09 September 2015

Acara yang dibuka oleh Kepala KSOP dan di hadiri oleh KSOP  Celukan Bawang Bali,GM cabang celukan bawang,anggota insa,agen serta pemilik kapal pelayaran lainya ini menuturkan bahwa,saat ini celukan bawang memang tidak termasuk wilayah wajib pandu. Namun demi keselamatan pelayaran,Ketut menghimbau agar para pengguna jasa menggunakan Pandu. "guna meminimalisir terjadinya kecelakaan kapal pada saat akan sandar, lepas ke atau dari tambatan." ucap Ketut.

Ketut juga menambahkan bahwa ke depannya Pelabuhan Celukan Bawang akan diusulkan menjadi wilayah perairan wajib pandu. "mungkin ke depannya akan di usulkan ke Direktorat Jendral Perhubungan Laut untuk dapat di jadikan wilayah perairan wajib pandu." ujarnya

Respon positif datang dari para undangan yang menghadiri acara launching sekaligus sosialisasi ini. Terlihat setelah acara selesai banyak diantara mereka yang masih mengajak Tim dari PMS untuk berdiskusi dan menanyakan proses alur transaksi pemesanan pandu.

Di harapkan memang setelah adanya sosialisasi ini pengguna jasa angkutan laut sadar akan pentingnu safety. "keselamatam tidak bisa diukur dengan materi. Yang paling penting memang adalah safety." ujar Wahyu Agung Prihartanto, Direktur Operasi dan Kmoersial sekaligus sebagai pembicara dalam acara sosialisasi dan launching ini.

Lanjutnya, Wahyu juga mengatakan bahwa Pandu dari PMS nantinya akan memberikan pelayanan "pandu yang menunggu kapal, bukan kapal yang menunggu pandu". Apabila nantinya terjadi keterlambatan dari pihak pandu, Wahyu mengatakan biaya add service/mobdemob akan dihapus atau menjadi free. "selain itu juga saya meminta pada rekan-rekan yang hadir untuk tidak memberikan fee kepada para pandu dari PMS." seru Wahyu disambut persetujuan oleh peserta yang hadir.

untuk sementara sambil melihat progres Pelabuhan terbesar nomor 2 di Bali ini, PMS menyediakan 2 orang tenaga pandu dan 1 kapal tunda.

Sebagaimana diketahui, selain membantu pemerintah dalam menggali dan memenuhi Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan membantu Otoritas Pelabuhan/UPP dalam Melaksanakan fungsi pelayanan pemanduan, adanya kerjasama ini juga untuk memperkuat holding Pelindo III.

Di kesempatan yg sama, GM Pelindo III cabang Celukan Bawang Bali ,Dewa Adikumarajaya mengatakan bahwa dengan adanya pelayanan tambahan terkait dengan jasa pemanduan di Pelabuhan Celukan Bawang akan dapat meningkatkan kecepatan dan ketepatan pelayanan bagi kapal-kapal yang melaksanakan kegiatan sandar dan lepas di Pelabuhan Celukan Bawang. "setidaknya dapat meminimalisir demorage." tutup Dewa.