Wednesday, 23 June 2021

Pelindo Marines menerima kunjungan Kepala Sekolah SMK SPM Nasional Purwokerto beserta jajarannya. Kunjungan bertujuan untuk mendiskusikan potensi dukungan Pelindo Marines pada pengalaman belajar para kadet di sekolah nautika dan teknika kapal niaga tersebut. Kepala Sekolah Edi Wahyono yang memimpin rombongan menyampaikan bahwa untuk meningkatkan kualitas mengajar dan pengalaman belajar para kadet, diharapkan agar ada dukungan dari para praktisi. "Keterkaitan antara akademisi dan akademia dengan para praktisi yang profesional di bidangnya sangat penting untuk agar kualitas lulusan instansi pendidikan sesuai dengan kebutuhan industri," ujarnya.
Sekretaris Perusahaan Pelindo Marines, Arif Nurdiyanto, yang menerima kunjungan tersebut membuka diskusi hangat dengan tim guru SMK SPM Nasional Purwokerto di ruang rapat Kantor Pusat Grha Marine. "Setelah melihat pemaparan dari Bapak Kepala Sekolah dan Tim Guru (SMK SPM Nasional Purwokerto), semakin jelas bahwa posisi praktisi dan entitas bisnis sangat penting bagi institusi pendidikan. Apalagi di sektor industri maritim yang sangat praktikal dan perkembangan teknologinya sangat cepat," katanya. 
Senior Manager Teknik Pelindo Marines Ary Joko Susilo kemudian mendampingi Kepala Sekolah dan Tim Guru SMK SPM Nasional Purwokerto mengunjungi Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal Pelindo Marines. Selama kunjungan lapangan dimanfaatkan untuk tukar pikiran dan pendapat terkait berbagai isu perkembangan teknik mesin perkapalan dan industri maritim pada umumnya. "Kami harapkan Pelindo Marines dapat terus mendukung dunia pendidikan maritim, agar kualitas kadet yang dilahirkan juga semakin bagus untuk mendukung kejayaan maritim Indonesia," ungkapnya.

Read more
Monday, 14 June 2021

Surabaya (14/6) - Pelindo Marines menerima kunjungan kawan-kawan peserta Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) yang sedang magang di Pelindo III Group. Kunjungan diawali dengan diskusi di Kantor Pusat Pelindo Marines di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Diskusi berlangsung seru dengan membahas berbagai pertanyaan terkait layanan bisnis Pelindo Marines. 
Ulfah Mu'amarotul Hikmah, salah satu pemagang dari Universitas Airlangga Surabaya, mengaku sangat tertarik dengan informasi terkait layanan penundaan dan kapal pandu yang selama ini ia penasaran. "Selain itu saya juga sangat tertarik dengan informasi mengenai pengelolaan limbah dan uji lingkungan yang dilaksanakan oleh Pelindo Marines. Hal tersebut karena basic saya di (prodi) kesehatan lingkungan. Besar harapan saya bisa mengikuti beberapa kegiatan di Pelindo Marines yang terkait lingkungan," harapnya.
Sementara itu, Septian Faris, HSSE Pelindo Marines yang mendampingi kunjungan mahasiswa menyebutkan, Pelindo Marines senang bisa menjadi mitra belajar bagi rekan-rekan mahasiswa pemagang Pelindo III. "Selalu menarik ketika menerima kunjungan dari mahasiswa, karena sering ada banyak pertanyaan dan masukan yang kritis. Kami dengan senang hati memfasilitasi tukar pikiran dan terbuka pada masukan teoritis dari rekan-rekan," ujarnya.
Para mahasiswa tersebut tak hanya berdiskusi di dalam ruangan, tetapi juga berkeliling Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) kapal di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Pelindo Marines berkomitmen untuk juga memberi ruang untuk menjadi mitra belajar bagi pemangku kepentingan segmen edukasi.

Read more
Thursday, 10 June 2021

Denpasar (10/6) - Direktur Keuangan, SDM, dan Umum Pelindo Marines Lia Indi Agustiana dan jajarannya yang terkait mengikuti Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik Pelindo III Group di Denpasar, Bali. Agenda tersebut dihadiri oleh Direktur Utama Pelindo III Boy Robyanto, Direktur SDM Pelindo III Edi Priyanto, dan Kepala Komisi Informasi Pusat Gede Narayana, serta para pegawai pengampu tugas kehumasan di seluruh Pelindo III Group.
Gede Narayana, dalam paparannya, menjelaskan bahwa Keterbukaan Informasi Publik (KIP) penting untuk mendukung Tata Kelola Perusahaan Yang Baik.  "Selain GCG (Good Corporate Governance/Tata Kelola Perusahaan Yang Baik), pengelolaan KIP merupakan upaya unutk mengoptimalkan manfaat layanan dan kinerja badan publik, seperti BUMN," jelasnya. 
Lia Indi mengatakan bahwa Pelindo Marines mendukung penuh Pelindo III sebagai badan publik untuk menjalankan pengelolaan sistem KIP yang profesional dan bermanfaat bagi masyarakat. Penyelenggaraan di Denpasar sebagai dukungan pada Program #WorkFromBali yang digagas @kemenkomarves demi membantu sektor pariwisata Bali yang terpuruk semenjak Pandemi #Covid19.

Read more
Friday, 04 June 2021

Surabaya (4/6) – Pegawai Pelindo Marines yang akrab dipanggil sebagai mariners, turut berpartisipasi dalam Aksi Bersih Kalimas dan Kampanye Stop Buang Sampah Di Laut di Terminal Kalimas, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Aksi tersebut dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 5 Juni.

 

SM Sistem Manajemen dan Manajemen Risiko Pelindo Marines, Abdulloh Makhrus, mewakili para mariners yang berpartisipasi, mengapresiasi Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya yang menginisiasi kegiatan tersebut. “Pesan Hari Lingkungan Sedunia semakin bergema karena Aksi Bersih Kalimas diikuti oleh berbagai unsur maritim di Pelabuhan Tanjung Perak, mulai dari sejumlah instansi pada sisi regulator, Pelindo III group, hingga operator TUKS swasta,” ujarnya.

 

Dalam sambutan Kepala OP Tanjung Perak Yefri Meidison yang dibacakan oleh Kepala TU Azhar Karim pada apel pagi sebelum memulai Aksi Bersih Kalimas, dalam Rencana Aksi Nasional Penanganan Sampah Laut Pemerintah, terdapat 4 program yang menjadi target Kementerian Perhubungan, yaitu pembangunan sarana prasarana reception facilities, penerapan ISO 14001, sosialisasi tata cara pengelolaan sampah bagi penumpang kapal, serta sosialisasi tata cara pembuangan sampah bagi penyelenggara pelabuhan dan stakeholder di pelabuhan.

 

“Sebagai salah satu upaya pemenuhan target oleh Kementerian Perhubungan tersebut, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak telah menerbitkan Peraturan Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Nomor HK.206/08/07/OP.TPr-2020 Tentang Sistem dan Prosedur Pengelolaan Limbah di Pelabuhan Tanjung Perak, yang didalamnya juga mencakup penanganan sampah,” jelasnya.

Read more
Friday, 28 May 2021

PMS Group kembali mengadakan CEO Talks pada edisi Bulan Mei 2021. Agenda rutin bulanan dalam format webinar tersebut diikuti oleh seluruh pegawai PMS, APBS, PEL, dan BMC Logistics, pada Jumat (28/5) pagi.

Direktur Keuangan, SDM, dan Umum Pelindo Marines, Lia Indi Agustiana, yang menjadi pembicara dalam CEO Talks PMS Group edisi Bulan Mei 2021, menggugah benak para Mariners dengan topik 'Sudahkan Saya Menjadi Pegawai yang Baik dan Jujur?'. Ia menjelaskan bahwa definisi baik dan jujur sangat kental kaitannya dengan core values BUMN, AKHLAK. 

"Nilai-nilai pada AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) merupakan pondasi atau semacam panduan bagi kita untuk bekerja dengan baik dan jujur. Harmonis dan Kolaboratif misalnya, nilai ini mengarahkan kita untuk bekerja sama dengan baik. Lalu Amanah yang tentunya sangat erat berkaitan dengan refleksi sifap jujur," jelas Lia Indi Agustiana.

CEO Talks tersebut juga menghadirkan konsultan berpengalaman, Endro Hariyuwono, yang membagikan sejumlah pengalamannya dalam dunia pengembangan human capital di berbagai perusahaan BUMN dan swasta nasional. "Salah satu cara untuk menumbuhkan sifat baik dan jujur, para pegawai perlu melakukan semacam audit untuk diri sendiri. Kita perlu menanyakan ke dalam diri kita sendiri, 'apakah saya termasuk pegawai yang baik dan jujur?'" ujarnya.

Menurut Endro Hariyuwono, berdasarkan sejumlah penelitian, kebanyakan pegawai sering menanyakan pertanyaan tersebut. Hal itu merupakan pertanda baik, karena berarti pegawai memiliki kontrol atas dirinya. Namun masalah yang sering muncul, dengan memertanayakan hal tersebut pegawai sebenarnya ingin memperbaiki diri, tapi tidak memiliki panduan. Tidak tahu harus mulai dari mana dan menuju ke mana.

"AKHLAK bisa dihadirkan sebagai panduan yang langsung datang pusat (Kementerian BUMN sebagai regulator). Sehingga bila diterapkan bersama-sama akan membawa multiplier effect yang besar dan potensial untuk mendorong kinerja BUMN Indonesia," pesannya.

Senior Manager SDM dan Umum Pelindo Marines, Haris Budiarto, sebagai moderator mengarahkan kesimpulan bernada motivatif. Mariners PMS Group sebenarnya telah menunjukkan sifat budaya AKHLAK dalam pekerjaan sehari-hari. "Maka sebenarnya bila terus diamalkan bersama dan saling menguatkan, kesadaran diri untuk menjadi pegawai yang baik dan jujur akan terwujud. Dan membawa ketenangan batin. Sehingga kita bis bekerja dengan tenang dan semakin bersemangat untuk berinovasi dan berkontribusi," pungkasnya.\

Read more
Wednesday, 05 May 2021

Surabaya (5/5) - Pada 10 hari terakhir Ramadan tahun ini, Pelindo Marines membagikan 100 bingkisan lebaran untuk warga di 'Kampung Seng', Perak, Surabaya. 'Kampung Seng' merupakan sebutan untuk blok perkampungan padat dengan kebanyakan rumahnya masih beratapkan lembaran seng. Nuryum Mardiyah, Ketua RT 12 'Kampung Seng', di sela pembagian bingkisan lebaran tersebut, menceritakan bahwa warga senang bisa kembali mendapat perhatian dalam bentuk paket sembako dari Pelindo Marines. "Tahun lalu juga semua warga di Kampung Seng mendapatkan paket dari Mariners Peduli. Alhamdulillah tahun ini dapat lagi. Ya warga senang karena merasa diperhatikan. Semoga menjadi berkah bagi pada donatur dan pegawai Pelindo Marines," ujarnya.
Manajer Komunikasi Korporat dan Relasi Pemangku Kepentingan Pelindo Marines, Hafidz Novalsyah, yang hadir pada kegiatan tersebut menyebutkan, kampung yang sangat padat tersebut terletak tidak jauh dari kantor pusat dan fasilitas pemeliharaan dan perbaikan kapal milik Pelindo Marines. "Jadi kami tidak lupa mendahulukan membantu tetangga terdekat kami, sekaligus merupakan social investment yang menjaga stabilitas wilayah kerja kami," jelasnya.
Ia menambahkan, aksi corporate social responsibility tersebut juga cerminan core value AKHLAK BUMN. Yakni amanah di mana BUMN tidak hanya memberikan layanan bisnis, tapi juga meringankan beban kondisi ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi. "Selain itu CSR ini juga cerminan kolaborasi kami dengan LAZ Baitul Maal dari Masjid Ar Rahman yang juga tak jauh dari kampung ini. Harapannya dengan kolaborasi inisiatif sosial ini menjadi inklusif dan berkelanjutan sebagai bentuk kerja sama antarkomunitas masyarakat. BUMN menjadi pendorong dan perajut silaturahminya saja," jelas Hafidz.
Try Ma'rifan Najib, Koordinator Tim Pendayagunaan Baitul Maal Ar Rahmah, pada kesempatan yang sama, menyambut baik inisiatif dari Pelindo Marines yang berkolaborasi dengan lembaganya. "Terima kasih kepada Pelindo Marines yang telah memercayakan kerja sama dengan kami untuk mmeberikan paket sembako pada warga sekitar yang membutuhkan. Semoga dapat menjadi kerja sama yang berkelanjutan, agar entitas bisnis seperti Pelindo Marines juga melibatkan lembaga amal resmi agar bantuan kepada masyarakat bisa lebih luas dan tepat sasaran," jelasnya.

Read more