Monday, 30 August 2021

Surabaya (30/8) - PT Pelindo Marine Service menerima kunjungan dari PT Pelabuhan Indonesia 4 (Persero) atau Pelindo 4 di Grha Marine, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Senin (30/8). Pelindo 4 merupakan BUMN operator kepelabuhanan dengan wilayah kerja di Indonesia Timur, yang juga mengoperasikan kapal tunda dan kapal pandu seperti halnya Pelindo Marines.
Direktur Utama Pelindo Marines Umar, didampingi Direktur Komersial, Operasi, dan Teknik Kartiko Adi, serta jajaran terkait menerima kunjungan yang dipimpin oleh Deputi General Manajer Pelindo 4, Adi Novi Wahyudi. Dalam diskusi yang berlangsung hangat, kedua perusahaan memanfaatkan pertemuan untuk saling mengenal dan memperdalam, serta tukar informasi terkait peluang kerja sama yang bisa dikelola bersama.
Salah satu topik yang didiskusikan yakni Rencana Sinergi Pelayanan Jasa Pemanduan dan Penundaan Kapal bersama antara Pelindo Marines dengan Pelindo 4 untuk mendukung operasional PLN pada project gas dan geothermal di Tilamuta, Provinsi Gorontalo.

Read more
Wednesday, 25 August 2021

Jakarta (25/8) – Menteri BUMN Erick Thohir dan Chief of BUMN Muda Soleh Ayubi menghadiri peluncuran Mentorship Program BUMN Muda pada acara hybrid secara online dan offline dari Jakarta, Rabu (25/8). Direktur Keuangan, SDM, dan Umum Pelindo Marines (BUMN Pelindo III Group) menjadi salah satu mente dari Mentorship Program BUMN Muda tersebut. Para mente dari program yang merupakan kerja sama antara BUMN Muda dan Forum Human Capital Indonesia tersebut, akan mendapat kesempatan mentorship dengan para mentor dari jajaran Direksi BUMN di Indonesia.
Menteri BUMN Erick Thohir berpesan dalam sambutannya, mengingatkan bahwa jangan sampai pengembangan BUMN Indonesia tidak berkelanjutan atau tidak berkesinambungan antara satu kepemimpinan dengan suksesornya. Salah satunya dengan turut mendengarkan para senior, ditandai dengan hadirnya Menteri BUMN pertama Indonesia, Tantri Abeng. Selain itu juga membuat kebijakan yang relevan dengan kondisi saat ini. “Bagaimana generasi muda dan kesetaraan gender bisa melanjutkan kepemimpinan yang disegani karena dihormati, bukan ditakuti. Kita bersama harus memastikan kebijakan baik yang sudah disepakati ini bisa berjalan, salah satunya dengan target. Target pemimpin muda BUMN sebesar 5 persen dan target kepemimpinan perempuan 15 persen,” katanya.
Tanri Abeng, pada sesi diskusi menyampaikan bahwa BUMN Muda agar terus belajar, never stop learning. Agar bisa memiliki banyak pengetahuan dan kemampuan untuk bekerja cepat dan berakselerasi agar dapat bersaing secara global. “BUMN Muda agar fokus pada pekerjaan dan fokus mengembangkan kapasitas kepemimpinannya, termasuk visi dan strategi. Agar bisa jadi leader yang sepanjang masa, tidak hanya insidentil,” pesannya.
Lia Indi menyebutkan, ia merasa terhormat dapat terpilih menjadi salah satu mente dalam Mentorship Program BUMN Muda. “Kesempatan mentorship ini akan menjadi practical sharing yang sangat bermanfaat dalam pengembangan pengetahuan dan pengalaman saya. Sebagai salah satu representasi peserta perempuan dari program ini, saya berharap manfaat didapat bisa diteruskan ke banyak lagi rekan BUMN Muda, terutama perempuan, di sektor maritim, tempat saya berkarya sehari-hari,” ungkapnya.

Read more
Wednesday, 18 August 2021

Surabaya (18/8) – CEO Talks Pelindo Marines Group untuk Edisi Agustus 2021 mengangkat tema ‘Transforming Maritime Business with Local Wisdom and Global Mindset’. Pakar Maritim dari Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya, Raja Oloan Saut Gurning, hadir sebagai pembicara utama. Saut Gurning mendedah mulai dari sifat jasa bisnis maritim yang berkarakter terbuka dan sangat kental akan jaringan. Kemudian ia juga membahas definisi yang global mindset dan local wisdom, serta juga memberikan contoh kasus dari Pelabuhan Singapura dan Negara Norwegia.
PSA (perusahaan pengelola Pelabuhan Singapura) memiliki Talent Management Framework yang menjadi panduan bagi perusahaan untuk mendorong organisasi menerapkan hal baru, mendapatkan talenta terbaik dan mengembangkannya, serta kemudian mengintegrasikannya pada organisasi. Sedangkan Norwegia sangat memanfaatkan karakter maritim bangsanya sebagai kearifan lokal yang dikombinasikan dengan mental globalisasi dalam pengembangan negara.
Menurut Saut Gurning, posisi Pelindo Marines Group telah memiliki variasi layanan cukup baik, tapi inovasi harus didorong, bisa mengulik inovasi Kotug dan Svitzer. Begitu juga dari sisi operasi, perlu bergerak ke arah global. “Kita harus memupuk pikiran yang open minded. Melibatkan ahli internasional sebagai pakar dan pengarah. Memperhatikan cara lama sebagai pijakan untuk merancang cara baru dengan perubahan yang bertahap. Kita harus punya visi global dan punya hitungan angka untuk kemajuan kita. Cross dicipline learning dengan menekankan pada learning process,” pesannya.
Agenda tersebut sekaligus menjadi perkenalan bagi Direktur Komersial, Teknik, dan Operasi PT Alur Pelayaran Barat Surabaya yang baru, Made Yuni Christina. Pada pesannya, disampaikan bahwa global mindset itu bukan lagi sebuah pilihan, tetapi tuntutan. Harus menjadi bagian dari perkembangan Pelindo Marines Group. “Harapannya kita bisa berdiskusi bagaimana menjadi global business mindset menjadi bagian dari bisnis kita. Transformasi bisnis bisa terjadi (dalam organisasi), apabila (transformasi) sudah terjadi pada diri para pegawai,” harapnya.

Read more
Tuesday, 17 August 2021

Surabaya (17/8) – Kapal – kapal tunda Pelindo Marines yang sedang standby di pangkalan, serentak membunyikan sirine pada pukul 10.17 WIB pada tanggal 17 Agustus 2021. Aksi tersebut dalam rangka memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang tahun ini telah berusia 76 tahun.
Para pelaut kebanggaan Pelindo Marines, tidak hanya di Surabaya, tapi di berbagai wilayah penugasan di Indonesia, juga mengibarkan bendera Sang Saka Merah Putih di tiang kapalnya. Maskapai kapal tunda dan kapal pandu Pelindo Marines memberi corak warna yang semarak pada nuansa Agutusan di sektor maritim.
Aksi membunyikan sirine secara kompak sebelumnya juga dilaksanakan oleh para pelaut di kapal-kapal Pelindo Marines ketika peringatan Hari Pelaut Sedunia atau World Seaferer’s Day. Mereka membunyikan sirine kapal sebagai wujud solidaritas pada nasib ribuan pelaut yang tertahan di kapal dan mengalami ketidakpastian kontrak kerja akibat Pandemi Covid-19.

Read more
Monday, 02 August 2021

Surabaya (2/8) - Pelindo Marines meluncurkan layanan e-Clinic untuk meningkatkan kualitas kesehatan pegawainya dan menjadi salah satu sistem mitigasi risiko penyebaran Covid-19. SM SMMR Abdulloh Makhrus menyebutkan bahwa e-Clinic Pelindo Marines merupakan bagian dari cara perusahaan untuk memberikan fasilitas pemenuhan kesehatan bagi pegawai (Mariners). 
"e-Clinic menjadi sarana deteksi dini kesehatan pegawai dalam menghindari penularan Virus Corona, serta mendukung proses treatment & recovery bagi pegawai yang terkonfirmasi Covid-19," ujar Abdulloh Makhrus.
Adanya e-Clinic diharapkan dapat dimanfaatkan oleh seluruh pegawai Pelindo Marines yang akrab disapa sebagai Mariners. Baik yang bertugas di darat (back office) dan di laut (awak kapal). Baik yang di Kantor Pusat maupun yang bertugas di berbagai daerah di Indonesia. 
"Terutama awak kapal sebagai garda terdepan layanan bisins perusahaan yang bekerja secara mobile. untuk tetap dapat memastikan kesehatan mereka tetap prima, khususnya di era Pandemic Covid-19 ini," pungkasnya.

Read more
Wednesday, 28 July 2021

Surabaya (28/7) - Pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung dan bahkan terjadi gelombang kedua di Indoesia. Varian Delta semakin ditakuti dan menjadi mimpi buruk bagi masyarakat. Kondisi tersebut membuat banyak di antara kita yang mulai berisiko kecemasan, depresi, dan trauma. 
Pada CEO Talks Pelindo Marines Edisi Juli 2021, Direktur Keuangan, SDM, dan Umum Lia Indi Agustiana, mengingatkan bahwa dalam semangat Peringatan 1 Tahun AKHLAK BUMN, Mariners diharapkan bisa menjaga pengamalan nilai budaya AKHLAK untuk membantu penugasan sehari-hari. "Dengan integritas dan profesionalitas, beban pikiran menjadi lebih tenang dalam bekerja. Kita harus stay healthy and stay happy. Sehingga kesehatan mental kita lebih terjaga," pesannya.
Lia Indi juga meneruskan pesan dari Presiden RI Joko Widodo dan Menteri BUMN Erick Thohir, bahwa insan BUMN harus berkontribusi dalam upaya-upaya penanganan Pandemi Covid-19. "Insan BUMN sebagai bagian dar masyarakat yang terdidik, perlu proaktif dan inovatif menjalankan perannya untuk bergotong royong meredakan dampak Pandemi Covid-19. Termasuk menjernihkan berbagai hoaks yang mengeruhkan pikiran masyarakat hingga menghambat upaya-upaya mitigasi medis dan pemulihan ekonomi," ujarnya.
Psikolog perusahaan Meutia Ananda yang juga hadir sebagai pembicara, menegaskan bahwa Mariners tidak perlu malu dan ragu untuk memeriksakan diri bila merasa ada gejala dampak disrupsi psikologis. Karena kesehatan mental merupakan hak bagi setiap pegawai.
"Cara untuk meminimalisir dampak disrupsi psikologis, yakni mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkumpul bersama keluarga, dan selalu berpikiran positif. Agar kita bisa berkativitas sehari-hari dengan produktif dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, sehingga bisa turut berkontribusi pada negara dan masyarakat," tutupnya.

Read more