Friday, 22 January 2021

Masa pandemi sudah kita jalani hampir sepanjang satu tahun ini. Tentunya banyak hal yang berubah. Baik demi keselamatan diri dan orang-orang tersayang, maupun demi membuat kita bisa tetap produktif dalam berkontribusi. Segala adaptasi kebiasaan tersebut tak jarang membuat kita stres. karena itu Mariners Pelindomarines mengikuti Webinar bertema “Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi dengan Protokol Psikologi”. 
Psikolog dari RS PHC Surabaya, Meutia Ananda membantu mariners agar memahami dan mampu mengukur diri bila merasa stres. Salah satunya yaitu kita harus pandai mengolah stress kita. Saat ini kita harus pandai mengafirmasi pikiran kita dengan kata-kata yang positif seingga kita bisa bekerja secara produktif dan menghasilkan, serta berperan serta di komunitasnya. Selain itu ia juga mengingatkan bahwa stres juga dapat diakibatkan karena mengonsumsi informasi negatif yang biasanya dari media sosial. Jadi hati-hati ya Mariners jangan sampai terjebak hoax yang membuat kita ketakutan untuk hal yang tidak jelas dan tidak perlu.
Mariners, stress ada 2 macam, pertama adalah eustress dan yang kedua adalah distress.Eustress biasanya dikarenakan adanya deadline terdorong untuk menyelesaikannya. Di kecewakan yang mana terdorong untuk segera mencari yang lebih baik dan wabah dimana kita berfikir kerasmemikirkan jalan keluar untuk menghindarinya. Sementara distress menarik diri dari tugas atau takut gagal, jika dikecewakan ingin bunuh diri dan missal terjadi wabah bersikap paranoid, frustasi, insomnia, hilang gairah, dan depresi.
Dampak dari stress bisa bermacam-macam.secara psikis kita bisa mengalami cemas, agresif, apatis, bosan, kelelahan, frustasi kesepian bahkan depresi. Jika secara fisik dapat terlihat dari banyaknya jerawat yang muncul, obesitas, imun tubuh menurun, osteoporosis dan meningkatnya gula darah.
Lalu bagaimana protokol psikologis untuk menjaga kesehatan jiwa mental kita saat pandemic saat ini?Yang pertama adalah batasi informasi secukupnya, dan hindari informasi berasal dari sumber yang tidak valid. Ke dua cari dukungan orang lain untuk apa pun keluh kesah anda. Bisa dengan teman, psikolog atau pasangan. Ketiga adalah bergeraklah beraktivitaslah lakukan hobi. Hal ini penting untuk meiningkatkan mood kita. Berikutnya adalah baik pada diri sendiri dan orang lain, jangan menyusahkan orang lain dengan sikap kita. kelima adalah lakukan relaksasi seperti menyalurkan hobi, me time dan melakukan hal-hal yang menyegarkan jiwa anda. Terakhir lakukan 4 M, menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan dan mengelola stress.
Kesehatan mental merupakan bagian dari aspek K3 yang harus diperhatikan oleh perusahaan kepada seluruh pegawainya. Jadi manajemen dan mariners semua harus kompak mengelola risiko stres. Salah satu hal mudah tapi penting yang bisa dilakukan yaitu menjadi rekan yang baik, bekerja dengan baik dan memberi perhatian untuk hal yang baik.

Read more
Wednesday, 13 January 2021

Anak usaha Pelindo Marines di bidang layanan logistik multimoda, BMC Logistics, telah menyelesaikan pekerjaan relokasi alat grab dan hopper dari Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, Jawa Timur, ke Pelabuhan Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Proyek pemindahan alat berat yang merupakan suprastruktur penting untuk aktivitas bongkar muat di pelabuhan tersebut diangkut menggunakan kapal LCT (landing craft tank).
Dengan adanya penambahan fasilitas alat bongkar muat tersebut diharapkan mampu meningkatkan produktivitas bongkar muat di Pelabuhan Waingapu yang dikelola oleh BUMN Pelindo III. Penambahan grab dan hopper akan menambah kapasitas bongkar sekaligus mempercepat durasi bongkar. Hal tersebut tentunya akan menguntungkan para pengguna jasa pelabuhan, karena waktu dan biaya kegiatannya di pelabuhan akan semakin efisien.
BMC Logistics, sebagai perusahaan logistik dengan layanan transportasi multimoda telah berpengalaman dalam berbagai layanan logistik di pelabuhan-pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III. Portfolionya beragam mulai dari pengelolaan depo peti kemas baik empty maupun full, peti kemas transhipment, pengelolaan gudang, pengurusan jasa forwarding dan custom clearance.

Read more
Friday, 08 January 2021

SURABAYAPAGI - Selama satu bulan terakhir, aktivitas pengangkutan FAME (fatty acid methyl esther) yang dilakukan Pelindo Marine Service mencapai 16 ribu kilo liter.
Manajer Komunikasi Korporat dan Relasi Pemangku Kepentingan, Pelindo Marines Hafidz Novalsyah menyampaikan, pengangkutan FAME yang merupakan produksi bioenergi dari bahan bakar nabati telah dilakukan sejak kerja sama diresmikan awal Desember 2020 lalu.
"Posisi hari ini sedang melakukan pengangkutan keempat. Per pengangkutan kapasitasnya kisaran 4.000 kiloliter," kata Hafidz Novalsyah, Jumat (08/01/2021).
Sebagai informasi, pengangkutan FAME dilakukan dari Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) PT Wilmar di Pelabuhan Gresik menuju ke Terminal Mirah di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.
"Pengangkutan dilakukan oleh kru yang (sudah) terlatih," katanya
Menurut Hafidz, pengangkutan bioenergi tersebut juga merupakan bentuk dukungan dari Pelindo Marines terhadap program strategis presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mendorong pemanfaatan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.
"Ini merupakan langkah sinergi untuk mengantisipasi agar program strategis pemerintah tidak terganggu akibat adanya hambatan transportasi pasokan," ucapnya
Perlu diketahui, selama ini pengangkutan FAME dilakukan melalui moda transportasi darat. Model pengangkutan seperti itu tidak akan efisien lagi karena meningkatnya kebutuhan suplai FAME produksi Wilmar ke fasilitas blending Pertamina di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.
"Pemindahan pengangkutan dengan moda transportasi laut menjadi solusi, karena kapal atau tongkang memiliki kapasitas angkut curah yang lebih besar. Sehingga akan memberikan efisiensi yang signifikan dari sisi durasi dan biaya angkut," ungkapnya
Sumber: http://m.surabayapagi.com/read/sebulan-beroperasi-pelindo-marines-angkut-16-ribu-kiloliter-fame

Read more
Monday, 04 January 2021

PT Pelindo Marine Service, awali hari pertama bekerja di tahun 2021 dan sekaligus masih dalam suasana peringatan HUT Ke-9 dengan mengadakan doa bersama sebagai wujud syukur atas amanah dan capaian. Dihadiri Direksi serta manajemen dengan konsep acara yang cukup sederhana merupakan refresentatif PT Pelindo Marine Service dalam menghadapi kondisi pandemi saat ini. Dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, acara berlangsung singkat namun tetap tidak mengurangi makna dari doa bersama serta tasyakuran itu sendiri.

Tumpeng juga disampaikan ke pelaut muda yang menjadi simbol semangat kolaborasi lintas generasi. Selain itu merupakan dorongan semangat dan dukungan seluruh manajemen kepada lini operasional yang menjadi ujung tombak pelayanan prima kepada seluruh pengguna jasa maritim. Demi kelancaran arus logistik nasional dan kebangkitan perekonomian negeri di tengah Pandemi Covid-19. #BUMNuntukIndonesia

Read more
Wednesday, 23 December 2020

Direktur Utama Pelindo III yang juga Komisaris Utama Pelindo Marines, U. Saefudin Noer, meninjau kegiatan Khitan Massal bersama Direktur Utama Pelindo Marines Umar dan Direktur Utama PT APBS Firmaniansyah, serta para direksi anak perusahaan Pelindo III Group di RS PHC Surabaya. Sehari sebelumnya Direktur SDM Pelindo III Edi Priyanto juga hadir membuka acara. 
Kondisi pandemi tidak menghambat Pelindo III Group untuk berbagi. Seperti yang dilaksanakan oleh Mariners Peduli PMS Group bersama anak perusahaannya APBS dan Pelindo Energi Logistik yang mendukung kegiatan Khitan Massal yang digelar oleh PT PHC. "PMS Group mengajak 25 anak yang membutuhkan bantuan dan berasal dari sekitar wilayah kerja untuk dapat melaksanakan khitan secara gratis. Kepedulian tersebut juga sebagai bentuk syukur menuju peringatan HUT Ke-9 Pelindo Marines di akhir tahun ini," ungkap Umar.
U. Saefudin Noer menambahkan, kegiatan khitan massal tersebut diselenggarakan secara kolaborasi oleh anak usaha dalam Pelindo III Group sebagai wujud dari implementasi Core Values BUMN AKHLAK yakni kolaboratif. Sebagai BUMN, dalam hal melaksanakan amanah untuk memberikan tanggung jawab sosial kepada masyarakat sudah semestinya kita bisa bergerak bersama dan bergandengan memberi manfaat pada sekitar.“Saya mengajak seluruh anak perusahaan yang tergabung dalam Pelindo III Group untuk bergerak bersama melaksanakan amanah ini, semoga dengan melaksanakan kegiatan khitan massal ini mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat khususnya di sekitar wilayah operasional perusahaan,” ucap U. Saefudin Noer pada Rabu (23/12).

Read more
Wednesday, 02 December 2020

Pelindo III BUMN subsidiary, Pelindo Marines, serves the transportation of FAME (fatty acid methyl esther / fatty acid methyl ester), which is a bioenergy production material from biofuels. This material is used for the production of Pertamina's Biosolar. Part of President Joko Widodo's Strategic Program in encouraging the use of fuels that are more environmentally friendly than fossil-based ones so they are not renewable.

The service was formalized in the Cooperation Agreement between Pelindo Marines (Pelindo III Group), Pertamina Trans Continental (Pertamina Group), and PT USDA Seroja Jaya which was signed in Surabaya, Wednesday (2/12). "Pelindo Marines is preparing a fleet of ships with trained crews to transport FAME from PT Wilmar's Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) at Gresik Port to Mirah Terminal at Tanjung Perak Port, Surabaya," said Pelindo Marines President Director, Umar, after the event.

Umar revealed, along with the increasing demand for Wilmar's production of FAME supply to Pertamina's blending facility at Tanjung Perak Port, Surabaya, transportation via land transportation is not expected to be possible in the future. "This cooperation is a synergy step to anticipate that the Government's Strategic Program will not be disrupted due to supply transportation constraints. Transfers of transportation by sea transportation are a solution, because ships or barges have a larger bulk transport capacity. So that it will provide significant efficiency in terms of duration and transportation costs. Apart from that, it also reduces road loads and traffic congestion that can disrupt community activities, "he said.

Pelindo Marines' business line in the field of energy logistics, namely Pelindo Energi Logistik, will support the operation of transporting the bioenergy material by providing pipeline installations. The special piping system will be operated at Mirah Terminal to channel FAME from ships to pipes leading to storage tanks at Pertamina's terminal. "So Pelindo Marines' services will be integrated, starting from sea transportation between port terminals to pipeline installation facilities for loading and unloading activities from ships to storage tanks," said Umar again.

Pelindo Marines contributed to the expansion of the Pelindo III Group portfolio in the energy segment. Pelindo Marines tugboats have been trusted to serve tug-assist for Pertamina Hulu Energi offshore operations in the waters west of Madura. Then Pelindo Energi Logistik has recently succeeded in serving LNG transportation to supply a Floating Power Plant in Amurang Bay, North Sulawesi.

President Director of Pertamina Trans Kontinental, Nepos MT Pakpahan, in his remarks said that the cooperation was made to support, mutually support, and mutually benefit both parties in order to develop their respective businesses, for mutual progress. “This collaboration is a synergy for BUMN subsidiaries to increase FAME transfers with the target of operating activities running well, safely and smoothly. Apart from that, it also supports the Government Program for the provision of renewable energy, namely biofuels which are being prioritized, "he explained.

Read more