Tuesday, 10 November 2020


Surabaya (10/11) - Tepat pada Peringatan Hari Pahlawan 10 November, di Kota Pahlawan, Surabaya, jajaran direksi baru anak usaha BUMN Pelindo III, PT Pelindo Marine Service memperkenalkan diri secara virtual ke jajaran pejabat struktural perusahaan. Kementerian BUMN telah menunjuk best talents dari Pelindo III, yaitu Umar sebagai Direktur Utama dan Lia Indi Agustiana sebagai Direktur Keuangan, SDM, dan Umum. Kehadiran keduanya menjadi lengkap setelah sebelumnya Kartiko Adi sebagai DIrektur Komersial, Operasi, dan Teknik sempat menakhodai sendiri untuk beberapa saat.
Direktur Utama Umar memberikan arahan pertamanya dengan menegaskan tentang pentingnya loyalitas dalam melandasi kerja keras bersama untuk memajukan organisasi. “Direksi berkomitmen akan bekerja sebagai tim. Saat ini kami bertugas sebagai Board (of Directors) akan memimpin sekaligus menjadi partner bertukar pendapat. Sekali lagi sebagai tim. Dukungan penuh dan loyalitas yang diberikan teman-teman akan menjadi kemajuan untuk Pelindo Marines dan kita bersama,” tegasnya.
Direktur Keuangan, SDM, dan Umum Lia Indi juga membenarkan, bahwa loyalitas yang merupakan salah satu core value Kementerian BUMN penting dijalankan untuk membentuk tim kerja yang solid dan gesit untuk bergerak maju.
Umar yang dahulu turut mengurus dan membidani lahirnya Pelindo Marines tersebut, kini kembali sebagai pemimpin perusahaan. Ia memompa semangat timnya untuk mengembangkan Pelindo Marines sesuai mimpi mengapa perusahaan tersebut didirikan dan tetap patuh pada RJPP (Rencana Jangka Panjang Perusahaan).
"Bisnis Pelindo Marines itu borderless, tidak terbatas wilayah kerja. Selama mampu untuk bersaing dan mewujudkan pelayanan yang memuaskan pelanggan, pasti bisa terus berkembang. Teknologi harus dikembangkan dan dimanfaatkan untuk memberikan pelayanan yang kini dan ke depan akan sangat berbeda. Kita akan maju dengan bergerak bersama. Bak orkestra, kita harus selalu melihat pemangku kepentingan di sekeliling kita. Agar bisa melihat berbagai peluang dan maju bersama,” pesannya.
Fakta terkait proporsi pegawai muda yang mendominasi perusahaan juga disoroti oleh Umar. Para pegawai yang berusia di bawah 35 tahun merupakan kekuatan besar. “Teman-teman harus berpikir untuk berkontribusi positif, agar pada jangka panjang akan melihat dan merasa bangga bahwa kerja keras kita bersama telah memajukan PMS,” himbaunya.
"Apa yang bisa kita lakukan di luar rutinitas? Why-nya apa? Bagaimana mencapainya? Apa runtutat goal-nya? Ini yang harus kita gali bersama. Mari kita bergandeng tangan untuk memajukan PMS bersama-sama,” pungkas Dirut Umar men-challenge timnya.

Read more
Tuesday, 03 November 2020

Dalam tausiahnya, Kyai Luqman mengingatkan, bahwa Rasululloh adalah hadiah dari Alloh untuk umat akhir zaman yang sangat dicintai-Nya. Bahkan Alloh menyebut, bahwa Nabi Muhammad SAW itu adalah rahmat Alloh yang diberikan untuk seluruh umat di alam semesta ini. Keteladanan Rasululloh dengan selalu mengingat umatnya tatkala dalam pernyataan kepada Alloh guna keselamatannya di dunia dan di akhirat kelak bahkan selamat dihadapan alloh.

“Makanya Rasululloh menjadi tauladan bagi umatnya. Ini yang dinamakan manusia besar, pemimpin besar yang senantiasa memikirkan orang lain dibanding dirinya sendiri,” katanya.

Dalam keseharian kita saat memohon ampun kepada Alloh dengan beristqihfar, Rasululloh mengajakarkan kita untuk meminta ampunan tidak hanya untuk dirisendiri, melainkan untuk semua orang yang masih hidup maupun yang sudah meninggal seperti yang tertuang “ Astaghfirullâhal ‘azhiim lî waliwalidayya wali ashâbil huqûqil wâjibâti ‘ alayya, walijamî’il muslimîna walmuslimâti Wal mu’minîna walmu’minati al ahya-i minhum wal amwat.

“Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung untuk diriku, kedua orang tuaku, orang-orang yang punya hak atas diriku, semua orang islam laki-laki maupun perempuan, semua orang mukmin laki-laki atau perempuan, yang masih hidup maupun yang sudah mati”.

Itu menunjukkan bukti tauladan kebesaran Nabi Muhammad yang tidak egois dengan memikirkan orang lain juga.

“Sebenarnya, yang bisa dipetik dari itu tentu gara-gara permohonan kita nantinya semua ampunan Alloh akan kembali kepada diri masing-masing orang yang memohonkan ampunan untuk orang lain,” ingat Kyai Luqman.

Meski ada juga istiqhfar yang sifatnya pribadi, tapi tuntunan istiqhfar yang diutarakan diatas merupakan ampunan sosial salah satu yang ditauladankan Rasululloh. Apalagi besok di hari kiamat, Nabi Muhammad itu masih tetap memikirkan umatnya hingga minta kepada Alloh agar umatnya meski sekalipun hanya bersahadat untuk dikeluarkan dari nerakanya Alloh.

“Kita ini mau meneladani segi apa saja ada pada Rasululloh maka itu yang disebut Idol yang sesungguhnya karena dalam karakter Beliau full paripurna. Yang disebut paripurna dalam bahasa anak millenial yaitu pribadi yang aku cari selama ini, gue banget gitu lho,” terang Kyai Luqman.

 

Sumber: Titik Koma Pos https://www.titikomapost.com/2020/11/angkat-tema-rasulullah-sebagai-idol-character-insan-pelindo-marines-maulid-virtual/

 

Read more
Thursday, 15 October 2020

PT Pelindo III melalui Anak Usahanya PT Pelindo Marine Service meraih penghargan dari ajang TOP GRC Tahun 2020 Award sebagai pemenang dengan dua kategori sekaligus yaitu, TOP GRC 2020 # 4 Stars dan The Most Commied GRC Leader 2020. Ajang tersebut diselenggarakan oleh Majalan Top Business bekerjasama dengan IRMAPA (Indonesia Risk Management Professional Association), ICoPI (Institute Compliance Professional Indonesia), dan KNKG (Komite Nasional Kebijakan Governance), serta didukung oleh beberapa perusahaan konsultan GCG dan Risk Management.Berdasarkan penjurian, PT Pelindo Marine Service dinilai telah mengimplementasikan sistem dan kebijakan manajemen risiko mengacu pada standar yang berlaku. Serta dipandang telah berkomitmen menerapkan prinsip-prinsip Governance, Risk & Compliance dengan baik. Termasuk memiliki sistem manajemen yang berkesinambungan, seperti ISO 31001:2018 tentang Risk Management System dan ISO 22301:2012 tentang Business Continuity Management System. Keduanya berdampak signifikan bagi perusahaan, terutama ketika pandemi Covid-19. Award tersebut adalah salah satu bentuk penghargaan sebagai komitmen PT Pelindo Marine Service untuk tetap mengimplementasikan program Ahklak yang menjadi budaya Perusahaan. Sebagai bukti juga bahwa Perusahaan menjalankan fungsi GRC dengan baik. Dalam kondisi sulit seperti ini, PT Pelindo Marine Service membuktikan dengan konsisten mendukung setiap program pemerintah dalam melayani operasional Pelabuhan tetap Prima, sehingga arus logistic tidak mengalami kendala,

Read more
Thursday, 24 September 2020

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III berhasil mengembangkan jangkauan distribusi energi di tanah air. Setelah di Benoa, Bali, kali ini mereka sukses melakukan pengapalan liquefied natural gas (LNG) perdana di Amurang.

-------

PT Pelindo III melalui PT Pelindo Energi Logistik (PEL) terus aktif mendukung program pemerintahan Presiden Jokowi, yaitu pemerataan listrik Indonesia. Momen bersejarah itu ditandai dengan keberhasilan mereka melakukan pengapalan LNG perdana ke Amurang, Sulawesi Utara, Senin (14/9).

Pengapalan itu merupakan wujud nyata kolaborasi antara PT PLN Gas & Geothermal (PLNGG), anak perusahaan PT PLN (Persero), dengan PT PEL. Dalam kolaborasi itu, PT PEL menyediakan layanan pengapalan untuk mengangkut Liquefied Natural Gas (LNG) milik PT PLN.

LNG tersebut digunakan untuk program gasifikasi pembangkit terapung di Amurang. Di pengapalan LNG perdananya, jumlah kargo LNG yang dibawa sebanyak 13.500 m3. Untuk selanjutnya, kapal itu akan beroperasi tiga kali setiap dua bulannya.

 

Plt Direktur Utama PT PEL Vitus Satoto Putro mengungkapkan, jadwal pengapalan ke depannya akan lebih fleksibel. Frekuensinya akan menyesuaikan kebutuhan serapan gas yang diatur PLN Sulawesi. ”Pengapalan perdana kemarin menjadi langkah awal kami mendistribusikan kebutuhan energi ke Sulawesi,” ujarnya.

Vitus juga menjelaskan bahwa kolaborasi proyek itu bertujuan memastikan penyediaan energi listrik ke Sulawesi yang lebih bersih dan efisien dengan penggunaan LNG. Hal itu merupakan bentuk dukungan Pelindo III Group melalui PT PEL kepada pemerintah dalam mewujudkan program gasifikasi pembangkit-pembangkit di Indonesia. Sinergi itu juga bertujuan meningkatkan efisiensi distribusi suplai energi di Indonesia.

Keberhasilan pengapalan LNG ke Amurang itu sekaligus membuktikan bahwa PT PEL mampu menjaga keandalan distribusi energi di tengah pandemi. Terbukti, layanan distribusi LNG melalui terminal LNG Benoa di Bali tetap beroperasi sesuai kebutuhan pembangkit listrik sejak awal pandemi hingga saat ini. Terminal LNG Benoa merupakan kerja sama PT PEL dengan PT Indonesia Power (anak perusahaan PT PLN Persero) yang mengelola PLTDG Pesanggaran Bali.

Perluasan distribusi dan sinergi antarpihak itu merupakan tindak lanjut dari rekomendasi tim Jaksa Pengacara Negara (JPN) Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Isi rekomendasinya adalah mengakselerasi kolaborasi antar BUMN dalam mewujudkan ketersediaan energi nasional yang handal dan efisien.

Peran PT PEL dalam menyediakan layanan pengapalan ke daerah bukan kali pertama dalam hal distribusi Energi Nasional. PT PEL juga menjadi pelopor pembangunan mini LNG Terminal pertama di Indonesia melalui Terminal LNG Benoa. Hal itu menempatkan PT PEL sebagai partner yang tepat untuk pengembangan distribusi energi di tanah air. (ree/kkn)

Sumber: PT Pelindo Energi Logistik @ptpelindoenergilogistik

Read more
Tuesday, 22 September 2020

Surabaya (22/9) - Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak menggelar kegiatan Padat Karya Bersih Lingkungan dan Penghijauan di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Selasa (22/9). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Perhubungan Nasional 2020 dan digelar dengan pengawasan ketat terkait disiplin pelaksanaan protokol kesehatan terkait pencegahan penyebaran Covid-19. Sejumlah pemangku kepentingan di pelabuhan tersibuk kedua di Indonesia tersebut turut menghadiri dan melakukan penanaman pohon secara simbolis di Taman Bundaran Nilam.

 

Direktur SDM Pelindo III, Edi Priyanto, pada kesempatan tersebut menyampaikan dukungannya. Bahwa fokus luar biasa dari kegiatan tersebut yakni dilibatkannya 220 warga sekitar kawasan pelabuhan yang secara ekonomi terdampak Pandemi Covid-19. “Pelibatan warga sekitar yang membutuhkan bantuan merupakan perwujudan Ini menjadi salah satu perwujudan core value BUMN, AKHLAK. Kurang lebih maknanya BUMN Pelindo III Group menjalankan amanah untuk menjaga keharmonisan relasi dan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan, termasuk masyarakat,” ungkapnya.

 

Direktur Utama Pelindo Marines, anak usaha BUMN Pelindo III, Eko Hariyadi Budiyanto, juga menyampaikan apresiasinya. “Terima kasih kepada Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak yang telah menginisiasi diadakannya kegiatan ini. Kegiatan ini luar biasa karena membuat para pemangku kepentingan, insan maritim Tanjung Perak bergotongroyong menghijaukan kawasan di sekitar lingkungan kerja dan usahanya,” ujarnya yang hadir bersama seluruh direksi di PMS Group, juga anak perusahaannya, APBS, PEL, dan BMC Logistics.

 

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Arif Toha dalam sambutannya mengingatkan pada tema Harhubnas 2020, ‘Wujudkan Asa, Majukan Indonesia’. “Semoga semangat Harhubnas 2020 tidak bersifat seremonial belaka. Namun dapat memberikan energi positif bagi kebersamaan kita semua, termasuk bersama masyarakat, untuk melestarikan lingkungan. Semoga kegiatan baik seperti ini dapat berkensinambungan,” katanya.

Read more
Thursday, 17 September 2020

SURABAYA – Ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang mampu menjawab tantangan perkembangan di dunia usaha tak terlepas dari peran serta institusi pendidikan sebagai lembaga pencetak calon-calon pekerja di semua lini bidang bisnis. Sehingga, sebagai hal yang positif bila PT Pelindo Marine Service (PMS) bersama Poltekpel Surabaya, dan Universitas Muhamadiyah Kupang berkolabirasi dalam sebuah forum Webinar yang mengangkat tema tentang ‘Kolaborasi Membangun SDM Transportasi Laut (Marine) & Logistik pada Situasi Turbulance Covid-19 menuju visi logistik Indonesia 2025’.

Sebagai keynote speech, Kepala BPSDM Perhubungan, Ir. Sugihardjo, M.Si, dengan nara sumber webiner, Direktur Utama PT Pelindo Marine Service (PMS) Group, Drs. Eko Hariyadi Budiyanto, AK, MM, M.Sc, Direktur PT BMC logistics, Dr. Gugus Wijonarko, MM, Jetua LSP. P1 Poltekpel Surabaya, Dr. Trisnowati Rahayu, M. AP, Dosen Fakultas Ekonomi Universutas Muhamadiyah Kupang, Dr. Syarifudin, SE, MM.

Kepala BPSDM Perhubungan, Ir. Sugihardjo, M.Si yang bertindak sebagai keynote speech berpesan, bahwa inti dari kolaborasi adalah take and give.

“Masing-masing pihak saling berbagi value, baik antar institusi pendidikan, dan juga dengan industri,” ujarnya, Senin (14/9/2020).

Sedang, Direktur Utama PT Pelindo Marine Service (PMS) Group, Eko Hariyadi Budiyanto mengatakan, Pelindo Marines, dari sisi bisnis sangat mengapresiasi adanya diskusi yang mempertemukan antara pemangku kepentingan di sisi bisnis dan pendidikan. Para mahasiswa atau pelajar di bidang maritim tidak bisa dibiarkan untuk mencari jalannya sendiri ke industri, tetapi harus dipandu untuk dipersiapkan.

Menurut Eko, kolaborasi dunia usaha dengan lembaga pendidikan itu tidak hanya bisa link and match (ketrampilan sesuai dengan kebutuhan industri), tetapi juga harus connected and ready to play.

“Artinya siap untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak di tengah industri,” tandas Eko.

Eko memandang, sangat beralasan bila pemerintah semakin serius menyiapkan SDM untuk sektor maritim. Sektor ini terbukti relatif stabil, bahkan di masa krisis pandemi seperti sekarang ini.

“Di kala industri pariwisata, penerbangan, dan otomotif sedang tertekan, sektor logistik maritim bisa bertahan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Keuangan dan Umum, Drs. Suharto, M.T menyebut, langkah yang dibangun Poltekpel Surabaya dengan dunia usaha merupakan upaya untuk mempersiapkan SDM lulusanya siap berada di semua lini lapangan pekerjaan sesuai bidabg masing-masing.

“Pemerataan peningkatan SDM sektor transportasi laut,” ucapnya singkat. (RG/fid)

Sumber:www.titikkomapost.com

Read more