Thursday, 09 January 2020

Pelindo Marines 8th Anniversary series of events also includes the maritime education agenda. President Director Eko Hariyadi Budiyanto was invited to give an expert lecture in CEO Talk 2020 at Hang Tuah University (UHT) Surabaya, Thursday (9/1). Around 400 UHT cadets and students of the Faculty of Engineering and Marine Sciences and the Sailing Diploma Program eagerly followed the session, and many of them actively asked questions. After the lecture, the President Director and Director Denny Hermanto were signed an agreement of internship program facilitation by Pelindo Marines the UHT cadets and students. In order to make them have more practical experience during study.

Read more
Tuesday, 31 December 2019

Surabaya (31/12) – Anak usaha BUMN Pelindo III, Pelindo Marines Service merayakan puncak peringatan Hari Ulang Tahun Ke-8 di kantor PMS Group di Surabaya, Selasa (31/12). Acara puncak yang bertepatan dengan jelang perayaan malam tahun baru tersebut dihadiri oleh Komisaris Utama Pelindo Marines Joko Noerhudha bersama dewan komisaris dan Direktur Utama Pelindo Marines Eko Hariyadi Budiyanto bersama dewan direksi. Selain itu juga hadir direksi anak perusahaan dan afiliasi, serta seluruh karyawan PMS Group di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

“Rangkaian acara peringatan HUT ke-8 Pelindo Marines dilaksanakan dengan meliputi berbagi aspek, mulai dari aspek religius, olahraga, edukasi, lingkungan, hingga kebersamaan antara manajemen dan seluruh karyawan PMS Group. Sesuai usia ulang tahun yang kedelapan, maka ada delapan acara,” kata Eko Hariyadi Budiyanto, di sela acara.

Ia memaparkan, untuk yang pertama pada aspek religius, Pelindo Marines meresmikan Masjid Al-Farisi di kompleks kantor PMS Group di Surabaya. Manajemen juga memberikan bantuan ibadah keagamaan untuk 5 pegawai kantor dan awak kapal muslim untuk umroh ke Mekah dan Madinah. Tak hanya muslim, juga ada 1 pegawai Nasrani untuk ziarah ke Yerusalem. Di bidang olahraga, direksi hingga karyawan mengikuti lomba tenis meja dan akan mengadakan gowes bertajuk First Saturday Ride of 2020. Event gowes semakin semarak dengan mengundang komunitas pehobi sepeda lipat yang bekerja di pelabuhan, yaitu Port Sally Club.

Kemudian di bidang lingkungan, pegawai Pelindo Marines akan memulai Green Office Initiatives dengan melaksanakan penanaman tanaman di kawasan kantor, baik berupa bibit maupun vertical garden.  Untuk edukasi dilaksanakan khusus di bidang maritim dengan Direktur Utama turun langsung menjadi pembicara kuliah tamu untuk mahasiswa Universitas Hang Tuah Surabaya. Selain itu pada minggu lalu, Pelindo Marines juga menyerahterimakan 6 miniatur kapal tunda untuk menjadi diorama di Surabaya North Quay. Sehingga pengunjung dan penumpang di Terminal Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dapat lebih mengetahui tentang jenis-jenis kapal yang beroperasi di pelabuhan.

Eko Hariyadi Budiyanto mengungkapkan bahwa semarak rangkaian peringatan HUT ke-8 Pelindo Marines sebagai bentuk syukur atas sejumlah pencapaian perusahaan selama tahun 2019. Di antaranya yaitu meningkatnya rating korporasi menurut Pefindo menjadi A-, kontrak kapal Kresna 306 untuk mendukung pekerjaan offshore PHE WMO, selesainya asesmen Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance) dengan predikat baik, serta sejumlah capaian lainnya.

“PMS Group juga telah menetapkan Masterplan TI 2020-2024 dan budaya perusahaan baru, yakni GOHI yang merupakan nilai-nilai seperti growth atau mendorong pertumbuhan, bekerja dengan optimism dan happy (bahagia), dan tetap menjunjung tinggi integritas. Sehingga growth, optimism, happy, and integrity disingkat menjadi GOHI. Tahun ini kami luncurkan tagline baru, GOHI, Go Beyond!,” ujarnya.

Read more
Monday, 25 November 2019

To increase the comunication service directly to the customers with some questions or complains. Marine Care becomes a solution and communication facility to develop clients’ marine business.

Read more
Monday, 02 December 2019

BUMN Pelindo III menggelar Rapat Kerja bertema Sinergi Nasional Menuju Indonesia Maju di Grha Barunawati, Surabaya (2-3/12). Raker tersebut tidak hanya dihadiri top level management di Pelindo III Group, tetapi juga pembicara dari 8 provinsi dan 5 kementerian. Di antaranya yaitu Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.
Direktur Utama Pelindo Marine Service, Eko Hariyadi Budiyanto, yang hadir juga turut berdiskusi dengan pembicara Kepala Bappeda DI Yogyakarta Yohanes Dwi Wahyono, terkait kesiapan provinsi tersebut dalam mengembangkan pelabuhan perikanan.
Karena tidak hanya infrastruktur pelabuhan, tetapi juga fasilitas cold storage dan koordinasi dengan jaringan rantai pasok industri perikanan rakyat dan pengusaha eksportir. Kapal keruk PMS telah berpengalaman mengerjakan proyek pengerukan di Kulon Progo, DIY.
Direktur Utama PT Pelindo Energi Logistik, Kokok Susanto, juga memantik diskusi. Ia bertanya kepada Staf Ahli Menteri ESDM, Sampe L. Purba, terkait bagaimana kesiapan masterplan Pemerintah tentang kesiapan alur transportasi energi dari titik produksi ke titik konsumsi di Indonesia. Transportasi energi sangat menantang karena Indonesia merupakan negara kepulauan.
Sampe L. Purba menjawab dengan paparannya bahwa masterplan dasar sudah disiapkan dan masih terbuka peluang bisnis untuk berbagai pihak, termasuk BUMN untuk mengembangkan layanan transportasi logistik di Indonesia.

Read more
Friday, 29 November 2019

PT Pelindo Marine Service (PMS), anak usaha Pelindo III, meraih penghargaan Top Digital Awards 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (27/11). Direktur Utama PMS, Eko Hariyadi Budiyanto, hadir langsung pada malam penganugerahan dan menerima penghargaan untuk kategori Top Digital Implementation 2019 on Logistics and Transportation Sector Level 3 Stars.

“Penghargaan Top Digital Awards 2019 untuk Pelindo Marine Service sebagai representasi dari BUMN dan dari sektor transportasi logistik sekaligus. Apresiasi ini menjadi bukti bahwa BUMN kini semakin berkomitmen dan memandang penting implementasi TI. Apalagi seperti Pelindo Marine Service di sektor transportasi logistik yang menjadikan teknologi sebagai solusi untuk bertransformasi menghadapi disrupsi dan untuk meningkatkan efisiensi proses bisnis,” kata Eko Hariyadi Budiyanto usai menerima penghargaan.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, manajemen PMS terus mendorong maturity level dari implementasi teknologi. Karena dengan teknologi yang mumpuni, PMS mampu mengintegrasikan layanan bisnis PMS dengan ketiga anak usahanya. Sehingga portfolio bisnis perusahaan semakin luas dan menarik pasar yang lebih besar. Termasuk di luar captive market-nya (layanan wajib di pelabuhan-pelabuhan yang dikelola Pelindo III).

“Kini PMS Group telah melayani jasa pemanduan kapal-kapal internasional jenis VLCC tanker untuk melayari Selat Malaka dan Singapura dengan selamat dan efisien. Tak hanya di bidang marine, anak usaha PMS di bidang pengerukan PT APBS (Alur Pelayaran Barat Surabaya) mendapatkan kontrak pekerjaan dredging di megaproyek pembangunan Pelabuhan Patimban yang dikerjakan oleh konsorsium perusahaan Indonesia dan Jepang,” ujar Eko Hariyadi Budiyanto yang juga pernah menjadi Direktur di Terminal Teluk Lamong.

Pada acara yang sama, Kepala Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN) Hinsa Siburian, yang hadir memberikan keynote speech, mengajak agar semua bagian dari negara, termasuk komunitas bisnis, untuk membangun kapasitas dan kapabilitas dalam menghadapi ancaman. Salah satu hal yang strategis tentunya ialah kemampuan penguasaan teknologi informasi.

”Keamanan siber tidak dapat dijaga hanya dengan ukuran standar apapun yang diciptakan oleh suatu negara atau negara tertentu atau bahkan sekelompok negara. Namun, kita tetap dapat mewujudkannya dengan tetap saling bekerja sama dan berkolaborasi untuk memelihara dunia siber yang damai,” jelasnya.

Top Digital Awars 2019 merupakan ajang penghargaan tahunan yang menjadi acuan corporate rating dalam implementasi teknologi informasi. Ajang tersebut diikuti perusahaan baik BUMN, BUMD, swasta, serta kementerian dan lembaga pemerintah, baik dari pusat dan daerah. Pada penyelenggaraannya di tahun 2019, tercatat ada sekitar 700 instansi yang mengikuti ajang tersebut

Read more
Wednesday, 27 November 2019

Good afternoon mariners. PT Pelindo Marine Service (PMS) won the It Works - Top Digital Awards 2019. PMS President Director Eko Hariyadi Budiyanto represented the company to came on stage and officially received the awards of 2019 Top Digital Implementation for Logistics & Transportation Sector, level 3 stars. The ceremony was held in Jakarta and was attended by around 700 participants, who were the Top Management & IT Managers from IT companies and leaders of government institutions in Indonesia.

Read more