Home / Company / News

Bulan K3 Nasional 2023 Pelindo Marines, #WorkWithCare

Thursday, 12 Jan 2023
Share this news
Share Twitter    Share Facebook    Share LinkedIn

Surabaya, 12/1 - Pelindo Marines, anak usaha BUMN Pelindo di bidang layanan penundaan kapal dan operasional kapal pandu, memulai semarak Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2023 dengan sejumlah rangkaian agenda. Tema tahun ini yaitu ”Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja.”

Direktur Utama Pelindo Marines, Warsilan, menyebutkan bahwa rangkaian peringatan Bulan K3 di Pelindo Marines bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan ketaatan norma K3, sekaligus meningkatkan partisipasi implementasi K3 untuk mewujudkan kondisi mandiri berbudaya K3. 

“Karena apabila potensi bahaya telah terkendali risikonya, diharapkan tercipta lingkungan kerja yang aman untuk keselamatan pegawai dan mitra kerja, serta aset perusahaan. Agar produktivitas meningkat sehingga turut berkontribusi pada peningkatan kinerja logistik,” jelas Warsilan.

Senior Manajer SMMR Hendra Sudradjat, memaparkan, beberapa ragam agenda yang akan diadakan yakni, Safety Management Walkthrough yang dipimpin Direksi langsung dalam memantau implementsi ISM Code dan memberikan safety briefing di kapal, pengasapan anti-nyamuk (fogging) di area Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan kapal, safety drill di darat dan di kapal.

“Rangkaian agenda K3 juga melibatkan pemangku kepentingan  eksternal. Selain health talk terkait kesehatan mental untuk pegawai, juga ada sosialiasi anti-Napza di salah satu SMA di Surabaya. Agenda puncaknya akan diluncurkan Budaya K3 Pelindo Marines, yakni CARE atau Committed, Active, Responsible, dan Evaluative. Harapannya budaya work with Care tidak hanya menjaga keselamatan pegawai dan aset perusahaan dan mitra, tetapi juga membawa peningkatan produktivitas pada bisnis pengguna jasa,” ungkap Hendra Sudradjat.