Home / Company / News

Tangguh dan Terencana, Demi Kelancaran Logistik Nusantara

Tuesday, 03 Jan 2023
Share this news
Share Twitter    Share Facebook    Share LinkedIn

Surabaya (3/1) - Pelaut-pelaut pemberani Pelindo Marines melaksanakan relokasi 3 kapal tunda, yakni KT. Anggada IX, KT. Anggada X, dan KT. Anoman IV. Rute relokasi yang ditempuh mencapai 3.920 mil laut dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Jayapura, kembali ke Pelabuhan Makassar.

Kapal-kapal tunda tersebut direlokasi satu sama lain, karena ada yang sudah memasuki jadwal docking, sehingga perlu dibawa ke lokasi docking yang tepat. Karenanya perlu segera dikirim kapal tunda pengganti untuk melayani penundaan kapal di lokasi tersebut.

Kebutuhan docking untuk perbaikan kapal tunda biasanya dilakukan dengan jangka waktu tertentu setiap tahunya. Hal ini bertujuan untuk menjamin keselamatan, reliabilitas armada, dan kelancaran proses penundaan. Dengan perencanaan dan penjadwalan pada proses docking kapal yang tepat dan sesuai serta rotasi pada armada kapal, Pelindo Marines mampu mengoperasikan tak kurang dari 200 kapal di 41 pelabuhan di Indonesia.

Berpindah dari satu pelabuhan satu ke pelabuhan lain serta menghadapi beragam kondisi laut yang tidak menentu merupakan hal yang biasa dihadapi para kru kapal pemberani Pelindo Marines. Kru kapal harus siap berganti kapal dan beradaptasi dengan kapal lain demi mengoptimalkan penjadwalan dan rotasi pada proses docking.

Ketangguhan dan kehandalan para pelaut dalam mengoperasikan armada kapal Pelindo Marines, menjadi salah satu aspek yang mendukung kelancaran logistik Nusantara.