Home / Company / News

Antisipasi Kondisi Darurat, Mariners Berlatih Bantuan Hidup Dasar

Thursday, 21 Jul 2022
Share this news
Share Twitter    Share Facebook    Share LinkedIn

Surabaya (21/7) – Para pegawai Pelindo Marines yang biasa disebut Mariners, mengikuti pelatihan Bantuan Hidup Dasar (Basic Life Support) di Jayanegara Collaboration Hall, Pelindo Place Lt. 19, Surabaya, Kamis (21/7). Pelatihan tersebut berkolaborasi dengan mendatangkan instruktur dari RS PHC Surabaya. “Pelatihan bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan Basic Life Support pada keadaan gawat darurat mengancam nyawa yang bisa terjadi kapan saja,” kata SM SMMR Pelindo Marines, Abdulloh Makhrus.

Salah satu instruktur, dr. Herman Widodo, pada kesempatan tersebut menjelaskan bahwa Bantuan Hidup Dasar adalah tindakan pertolongan pertama yang harus dilakukan pada pasien yang mengalami keadaan yang mengancam nyawa (seperti henti jantung atau paru). Semua mariners peserta pelatihan langsung mempraktikan materi yang telah diberikan. Bahkan hingga benar–benar menguasai teknik dan cara penanggulangan, serta mahir dalam penanggulangan gawat darurat dan Bantuan Hidup Dasar. 

“Terdapat tiga materi yang disampaikan, yaitu Materi Bantuan Hidup Dasar untuk Awam dan Perawatan Luka Patah Tulang Cedera Muskuloskeletal, serta materi mengenai Pembalutan, Pembebatan, Pembidaian & Transportasi dipaparkan oleh Hendra Rizki Novian, Paramedis Pelindo Marines,” jelasnya.

Dengan adanya pelatihan ini, para peserta diharapkan dapat mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh. Karena terjadinya keadaan yang mengancam nyawa atau keadaan gawat darurat bisa terjadi kapan saja, kepada siapa saja, dan di mana saja.  “Keinginan untuk menolong pasien juga harus ditunjang dengan pemahaman dan keterampilan agar tidak salah dalam menangani dan mengakibatkan keadaan pasien semakin parah,” tambah Abdulloh Makhrus.