Home / Company / News

Pelindo Marines Pastikan Hewan Kurban Bebas Penyakit Mulut dan Kuku

Friday, 08 Jul 2022
Share this news
Share Twitter    Share Facebook    Share LinkedIn

Surabaya (10/7) – Merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyebabkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) di sejumlah daerah membuat Pemerintah dan masyarakat menjadi lebih berhati-hati dalam menyiapkan hewan kurban Idul Adha 1443 H tahun 2022. Pemerintah melalui Dinas Kesehatan masing-masing wilayah dan instansi terkait terus memperketat distribusi hewan kurban. Termasuk regulasi yang mengatur hewan kurban harus dilengkapi dengan dokumen kesehatan.

Pelindo Marines, anak usaha BUMN Pelindo di bidang pelayanan jasa marine di pelabuhan, memastikan kelengkapan dokumen kesehatan pada hewan kurban yang disalurkan ke masyarakat. “Misalnya untuk satu ekor sapi dan tiga ekor kambing hewan kurban Pelindo Marines yang disalurkan ke pemangku kepentingan, masyarakat, dan masjid yang membutuhkan dukungan di wilayah Surabaya, didatangkan dari Bojonegoro dengan dilengkapi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH/Sertifikat Veteriner) dari Dinas Peternakan dan Perikanan kabupaten asal sekaligus Surat Rekomendasi Pemasukan Ternak yang diterbitkan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan  Pertanian Pemkot Surabaya sebagai lokasi tujuan distribusi,” jelas Senior Manajer SDM dan Umum Pelindo Marines, Ary Murdiyanto.

Pelindo Marines yang kini beroperasi dari Sumatera hingga Papua, bersama ketiga anak perusahaannya, yaitu PT APBS, PT PEL, dan PT BMC, menyalurkan total 11 ekor sapid an 7 ekor kambing pada Idul Adha 1443 H Tahun 2022. “Karena cakupan wilayah operasi Pelindo Marines kini di penjuru Indonesia, maka pada untuk Idul Adha 1443 H tahun 2022 ini hewan kurban didistribusikan di mulai dari Medan, Semarang, Surabaya dan sekitarnya, Banjarmasin, hingga Makassar. Penyaluran diutamakan untuk rumah ibadah yang membutuhkan dan berkolaborasi bersama mitra kerja untuk mendukung masyarakat yang membutuhkan di sekitar lokasi pelayanan Pelindo Marines Group,” kata Sekretaris Perusahaan Pelindo Marines Fesi Dita Anugra.