Home / Company / News

Pelindo Marine Memperkuat Pelindo Digital Squad

Thursday, 09 Jun 2022
Share this news
Share Twitter    Share Facebook    Share LinkedIn

Denpasar (8/6) - 4 pegawai muda PT Pelindo Marine Service Group atau biasa disapa Mariners mengikui Squadron Gathering Pelindo Digital Squad di Denpasar, Bali, Rabu-Kamis (8-9/6). Acara tersebut dihadiri langsung oleh Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono, dan Group Head Corporate Secretary Ali Mulyono. Kemudian juga menghadirkan pemateri Editor Senior Tempo Hermien Y. Kleden, praktisi media sosial Dirjen Pajak Farchan Noor Rachman, dan pegiat media sosial Natasha Keniraras. Puluhan pegawai Pelindo Group yang aktif berbagi konten bermutu dan menarik diundang menjadi peserta untuk didapuk menjadi Pelindo Digital Squad pada BUMN maritim terbesar di Indonesia tersebut.

 

Arif Suhartono dalam sambutannya, menjelaskan, bahwa semua bagian dari perusahaan memiliki kontribusi dalam perkembangan perusahaan. “Anggota Pelindo Digital Squad akan berkontribusi membangun nama baik perusahaan. Selain itu juga akan berperan strategis ketika perusahaan diterpa isu negatif, maka akan dinetralisir oleh konten positif di media digital yang tidak menutup kemungkinan dapat terangkat ke media massa (pers),” katanya. Sementara itu Ali Mulyono menambahkan, untuk meningkatkan kekompakan Pelindo Digital Squad, maka agenda tidak hanya pemberian materi tetapi juga ada Focus Group Discussion dan outbond sebagai ajang berkolaborasi dan kerja sama tim dalam memecahkan masalah tentang berbagai topik di industri maritim.

 

Arya Sinulingga yang kerap berbicara di media untuk meluruskan berbagai isu terkait BUMN, membagikan tips, bahwa menurutnya komunikasi seharusnya bisa dikemas simple (sederhana). “Semakin sederhana tata bahasa yang digunakan (dalam menyampaikan agenda pesan korporat), maka pesan akan tersampaikan ke semakin banyak orang (audiences),” ungkapnya. Farchan Noor Rachman mendedah tentang pentingnya mengoptimalkan media sosial untuk corporate branding. “Mempersiapkan dan mengelola berita di era teknologi sangat penting, karena semakin banyak sumber berita di masyarakat. Media sosial kini mengoptimalkan tiga hal, yakni teks, foto, dan video. Kemasan posting yang simple lebih diminati orang. 1 info negatif bisa dilawan dengan 10 info positif,” paparnya.

 

Kemudian Hermien Y. Kleden dalam sesi materi menambahkan, bahwa teknologi yang kini berkembang pesat sangat membantu dalam membangun informasi kepada publik. “Sentuhan manusia harus tetap dikedepankan. Agar pesan semakin bernilai dan bermakna. Karena serasa terbangun kedekatan secara langsung (personal),” pesannya. Pemateri selanjutnya, Natasha Keniraras juga menerangkan bahwa konten (publikasi digital) dapat memberikan impact (dampak) yang besar untuk perkembangan personal dan korporat.

 

4 mariners yang tergabung dalam Pelindo Digital Squad yaitu Khalid Mawardi, Ulfa Karyatiningsih, Anjik Cahyono, dan Indira Alaika. Khalid Mawardi yang bertugas di Sub-Dept. Komunikasi Korporat merasa bahwa diundangnya ia ke Squadron Gathering tersebut sangat bermanfaat baginya. “Selain bisa networking dengan pegawai lain yang aktif bermedia sosial. Pada acara ini juga membuat saya terinformasi strategi komunikasi perusahaan. Tinggal bagaimana kami sebagai digital squad di anak perusahaan bisa berkontribusi dengan menyeleraskan strategi komunikasi Kantor Pusat,” ujarnya. Bagi Ulfa Karyatiningsih dan Indira Alaika yang bertugas di marketing dan komersial juga mengaku senang bisa diundang. “Dengan mengikuti FGD, kami jadi lebih mengenal sisi bisnis lainnya di grup perusahaan. Pengetahuan yang lebih luas ini membuka potensi untuk juga berperan mengenalkan layanan lain ke pengguna jasa untuk pemasaran terintegrasi,” katanya. “Bagi saya yang sehari-hari bertugas di lapangan, menjadi tahu ternyata banyak kegiatan di galangan yang bisa menjadi konten positif bagi perusahaan. Semacam behind the scene yang sekaligus mengedukasi tentang pekerjaan maritim ke followers,” pungkas Anjik Cahyono.