Home / Company / News

Gempa Bumi Guncang Graha Marine

Tuesday, 07 Jun 2022
Share this news
Share Twitter    Share Facebook    Share LinkedIn

Surabaya (7/6) - Sekitar pukul 15.35 WIB, alarm meraung di Kantor Pusat Pelindo Marine Group, Surabaya, Selasa (7/6). Pengumuman tentang adanya gempa bumi diserukan dengan tegas, jelas, dan lantang melalui jaringan interkom yang bisa didengar di seluruh ruangan pada gedung. Serentak pegawai bergegas jalan dengan antre dan tenang menuju ke luar kantor. Semua melalui tangga dengan teratur dan aman. Lift tidak dipergunakan, karena pada situasi gempa ada risiko lift tidak bisa berfungsi aman atau bahkan terjatuh, sehingga justru menjadi sumber bahaya pada evakuasi. Namun ada seorang pegawai yang terluka karena terpeleset anak tangga yang berlokasi di area workshop. Tim medis pun responsif segera memberikan penanganan pertama pada kecelakaan. Termasuk membawa stretcher untuk menandu korban dengan aman untuk dievakuasi.

Tak lama kemudian, seratusan pegawai PMS beserta anak perusahaannya, yakni APBS, PEL, dan BMC, serta pekerja dari mitra yang sedang berada di kawasan kantor berkumpul di muster point yang terletak di halaman depan Grha Marine. Para pegawai yang sudah diberi tanggung jawab untuk menjadi koordinator masing-masing lantai kemudian membariskan untuk menghitung dan identifikasi, demi memastikan semua pegawai di area tanggung jawabnya telah terevakuasi dan selamat. Koordinator keselamatan segera mengumumkan berbagai tindakan yang perlu dilakukan oleh pegawai dalam situasi evakuasi kondisi gempa bumi.??

Situasi tersebut merupakan pelaksanaan Simulasi Tanggap Darurat dengan skenario terjadinya bencana gempa bumi di Kantor Pusat Pelindo Marine. Tujuan dilaksanakannya sebagai latihan guna meningkatkan kesiapsiagaan para pegawai untuk mengantisipasi bencana. Giat serupa dengan berbagai skenario serta peruntukkan jenis pegawai atau pekerjaan tertentu rutin dilaksanakan. Keselamatan jiwa pegawai dan mitra kerja, serta aset, menjadi hal utama bagi perusahaan agar dapat konsisten melayani pengguna jasa dengan kualitas layanan prima.