-
Wednesday, 10 April 2019

MiniCont - The Next Logistic Solution
Kontainer Masuk Desa
Rabu ini (10/04/19) program “Kontainer Masuk Desa” perdana dilakukan dengan mengirimkan sebanyak 3 (tiga) ton beras ke desa-desa di Essang yang merupakan salah satu daerah di Kabupaten Kepulauan Talaud Sulawesi Utara. Adapun sarana yang digunakan untuk melakukan pengiriman adalah “Minicont” atau mini kontainer yang merupakan salah satu produk inovasi dari salah satu anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yaitu PT Pelindo Marine Service.
Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Wisnu Handoko di Jakarta (10/4) menerangkan bahwa mini kontainer (Minicont) ini berguna untuk menjangkau wilayah-wilayah yang memiliki keterbatasan akses alat bongkar muat di Pelabuhan dan akses jalan raya. “Dengan adanya program kontainer masuk desa tentunya akan mendukung program tol laut dengan skema end to end. Dan dengan program ini diharapkan kehadiran negara akan semakin dirasakan oleh masyarakat utamanya di daerah 3TP (Tertinggal, Terdepan, Terpencil dan Pedalaman) serta dapat menurunkan disparitas harga antara Indonesia bagian Barat dan Indonesia Bagian Timur,” kata Capt. Wisnu.
Minicont ini dipilih sebagai sarana pengiriman pada program “Kontainer Masuk Desa” dikarenakan fleksibilitas dan efisiensi dari Minicont ini sendiri, dimana container ini dapat dilipat sehingga menghemat space saat dilakukan pengembalian kontainer kosong/empty. Sebanyak 3 (tiga) Minicont dapat dimasukan ke dalam kontainer ukuran 20”, sedangkan 8 (delapan) Minicont yang sudah dilipat dapat dimasukan kedalam kontainer ukuran 20”. Sehingga diharapkan dapat menjangkau pula ke daerah-daerah pelosok yang tidak dapat dilalui oleh truk-truk besar.
Direktur Utama PT Pelindo Marine Service (PT PMS) Eko Hariyadi Budiyanto menyampaikan bahwa penggunaan Minicont ini memberikan beberapa keuntungan yaitu minicont ini dapat dilipat dan dimasukan kedalam kontainer ukuran 20” dimana setiap minicont memiliki kapasitas 3 (tiga) ton. “Rencana produksi tergantung permintaan market, tapi sanggup memproduksi 1.000 kontainer dalam waktu 3 (tiga) bulan dan tidak perlu ada stuffing dan stripping lagi di pelabuhan. Bersifat end to end, dari gudang penjual ke pembeli serta sanggup menjangkau daerah terpencil,” lanjut Dirut PT PMS
Beras yang dimuat menggunakan Minicont ini akan dilakukan pemuatan ke kapal melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada Kapal Logistik Nusantara II yang di operatori oleh PT Pelni dengan tujuan Pelabuhan Bitung. Selanjutnya Minicont ini akan diteruskan kembali menuju Pelabuhan Melonguane menggunakan KM. Kendhaga Nusantara I untuk kemudian akan dialihkan lagi ke Kapal Sabuk Nusantara 95 yang merupakan Kapal Perintis ke Pelabuhan Essang.
Dengan dimulainya program Kontainer Masuk Desa ini diharapkan dapat lebih menjangkau daerah-daerah terpencil, utamanya dalam pemasokan bahan kebutuhan pokok guna mengurangi disparitas harga.
Tentang PT Pelindo Marine Service:PT Pelindo Marine Service daily called PT PMS is one of subsidiary PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) which is one of the biggest state-owned (BUMN) ports service companies in Indonesia. PT PMS as a corporate entity has a independent business in sea transportation, shipping and other maritime industries.Line of businesses in PT PMS are:1. Government Marine Services.2. Oil & Gas Services.3. Dredging & Channel Services.4. Shipbroking.5. International & NG Marine Services.6. Logistic Services.7. Port Utility & Offshore.8. Waste Management.
Contact Person:Deni Christanto - 082221944888

another news

-
Friday, 31 May 2019
-
Tuesday, 28 May 2019
-
Friday, 03 May 2019
-
Tuesday, 30 April 2019
-
Tuesday, 02 April 2019
-
Tuesday, 02 April 2019
-
Sunday, 24 March 2019
-
Wednesday, 13 March 2019