Wednesday, 31 December 2014

“Di Umur PT PMS yang baru menginjak 3 tahun ini, diharapkan untuk semua pegawai PT. PMS jangan berkecil hati. Yakinlah bahwa PT PMS akan besar seperti anak Perusahaan Pelindo III yang lain.” Ujar Fariz Assagaf saat menghadiri peresmian gedung baru dan perayaan HUT PT PMS kemarin, Rabu (31/12)

Selain pergantian komisaris juga terjadi pergantian direksi. Direktur yang semula hanya dijabat oleh seorang direktur,terhitung bulan Desember 2014 PT PMS telah memiliki 2 Direktur baru yaitu Direktur Operasi yang di jabat oleh Bapak Wahyu Agung Prihartanto dan Bapak Harry Poerwanto sebagai Direktur Teknik. Dengan hadirnya 2 direktur ini menandakan bahwa posisi PT PMS semakin kuat. Di sela-sela upacara peringatan HUT PT PMS, Chairoel Anwar sebagai Dirut PT PMS yang bertindak sebagai Komandan Upacara ini mengajak segenap para tamu undangan dan peserta Upacara untuk menundukkan kepala sejenak mendoakan korban pesawat Air Asia.

Selain sertijab, HUT PT PMS yang jatuh pada tanggal 31 Desember ini juga diwarnai dengan peresmian gedung PT PMS. Pemotongan pita dilakukan oleh Dirut PT Pelindo III(Persero) Bpk. Djarwo Surjanto. Gedung seluas 2000m2 ini nantinya akan di pakai aktivitas untuk seluruh pegawai dari berbagai bidang. Sebelumnya bidang Logistik dan Operasi berada di Nilam. Dengan adanya gedung 3 lantai ini,Chairoel Anwar selaku Dirut dari PT PMS ini berharap agar kinerja pegawai dapat berjalan lebih maksimal lagi dari sebelumnya.

Acara berikutnya dalam perayaan  HUT PT PMS adalah makan bersama. Seluruh Direksi, Managemen serta pegawai baik darat maupun laut melebur jadi satu dalam suasana sukacita. Meski pada saat hari kerja mereka berada di tempat yang berbeda-beda.

Selanjutnya diadakan acara shalat Dhuhur berjamaah bersama sekaligus peresmian Mushala baru yang di berinama “AL FARISHI” ini.

Read more
Thursday, 27 November 2014

Dalam Kunjungannya kali ini, Jonan menggunakan Kapal Wisata milik PT Pelindo Marine Service, Anak Perusahaan Pelindo III menuju ke Terminal Teluk Lamong. Pertama kali memasuki kapal yang pernah dioperasikan di Australia ini, Jonan beserta rombongan sempat dibuat kaget dengan fasilitas yang ada di dalam kapal. “Kapalnya kecil tapi mewah,” ujar salah satu staff Jonan. Diatas kapal berkapasitas 35 orang ini, Jonan dan rombongan benar-benar menikmati seluruh fasilitas yang ada didalam kapal. Beberapa ada yang bersenda gurau di mini bar dan ada pula yang berkaraoke sambil menikmati suguhan yang diberikan oleh Crew Awak Kapal yang rata-rata didominasi oleh perempuan ini.

Sementara Jonan memilih untuk menikmati fasilitas dari atas kapal. Dengan menggunakan kemeja putih Jonan nampak menikmati perjalanan dengan berfoto di haluan sambil menikmati sunset. Beberapa kali ia meminta pada staff nya untuk diabadikan momen dari atas kapal yang diresmikan April 2010 oleh Pelindo III  tersebut. Jonan terlihat berani berdiri di ujung haluan,bahkan terkesan benar-benar menikmati suasana saat itu.  Sesekali Menteri kelahiran Surabaya itu menyapa sambil melambaikan tangan dan tersenyum kepada beberapa orang yang berada diatas kapal yang sedang melintas. Jonan berharap, dalam kunjungan berikutnya, ia dapat menikmati kembali  kapal milik PT Pelindo Marine Service ini.

Read more
Thursday, 13 November 2014
Acara yang di ikuti oleh seluruh cabang dan anak perusahaan dari PT Pelindo III ini berlangsung meriah.Tahun ini sedikitnya ada 9 cabang olah raga dan seni yang dikompetisikan meliputi futsal, voli, tenis lapangan, bulutangkis, lari marathon, presentasi dan yel budaya perusahaan serta lomba menyanyi Pelindo III Idol.
Untuk cabang olah raga Badminton, PT PMS berhasil menyabet medali Emas kategori beregu mengalahkan juara bertahan yaitu BJTI. Pertandingan berlangsung menegangkan dan seru. Martin Ade - Ahmad, Arif Wibowo - Dimas Kurniawan, serta Yuzak OC - Apriantono berhasil menyumbangkan 1 medali emas untuk PT PMS. Selain beregu, Tim Badminton juga berhasil mendapatkan medali perak untuk Badminton perorangan yang berhasil disabet oleh Yuzak OC - Apriantono, dan medali perunggu kategori perorangan diraih oleh Arif Wibowo - Dimas Kurniawan.
Dalam Olah Raga cabang lain, PT PMS berhasil mendapatkan medali perunggu untuk kategori Lari Marathon yang diraih oleh Mubarid, serta untuk lomba menyanyi Pelindo III Idol, Supriyanto berhasil mempersembahkan medali perak untuk PMS sebagai solo dangdut pria.

Read more
Thursday, 06 November 2014

Dengan mengusung tema “Merajut Semangat Kebersamaan dan Sportivitas Untuk Mewujudkan Budaya Perusahaan Yang Unggul, cabang serta anak perusahaan Pelindo III berpartisipasi memberikan pertunjukkan terbaiknya. Acara dimulai dari pertunjukkan defile 28 kontingen. Masing-masing membawakan yel budaya perusahaan dengan berbagai atraksi. PT PMS sendiri menampilkan yel berupa tarian Saman yang di kreasi oleh Tim. Dengan memakai kostum warna merah beserta aksesoris topi, Tim PMS memberikan penampilan terbaiknya dengan lincah dan kompak.

Acara yang dimulai dari tanggal 5 hingga 9 November ini, kemenangan bukan menjadi hal utama bagi peserta yang merupakan cabang dari 7 Provinsi Wilayah kerja Pelindo III, dan Anak Perusahaan ini. Bapor Gathering menjadi bentuk komitmen perhatian perusahaan pada kesejahteraan pegawai dari sisi olah raga dan kesehatan. Tahun ini sedikitnya ada 9 cabang olah raga dan seni yang dikompetisikan meliputi futsal, voli, tenis lapangan, bukutangkis, lari marathon, presentasi dan yel budaya perusahaan serta lomba menyanyi Pelindo III Idol.

Read more
Tuesday, 04 November 2014

Acara yang dimulai pukul 06.30 itu diawali dengan khataman Qur’an dan dihadiri oleh para tamu undangan yang dari Manager Pelayanan Kapal Tanjung Perak, GM Tanjung Perak, Kepala Otoritas Pelabuhan dan beberapa jajaran mewakili direksi dari Pelindo III turut hadir dalam peresmian kapal  buatan tahun 2002 milik Logindo Faithful  ini. Moch Chairoel Anwar selaku Dirut PT Pelindo Marine Service memberikan sambutannya. Dalam sambutannya, Chairoel mengatakan bahwa kehadiran KT Kresna ini untuk mengimbangi kebutuhan akan Kapal Tunda di Tanjung Perak. Saat ini kebutuhan untuk Kapal Tunda sendiri di Pelabuhan Tanjung Perak sebanyak 15 unit, dan PT Pelindo Marine telah memenuhi kebutuhan tersebut.

Peresmian yang di tandai dengan penandatanganan Berita Acara oleh Manager Operasional PT Pelindo Marine Service Joko Priyono dan Manager Pelayanan Kapal PT Pelindo III Cab Tanjung Perak, Bapak Bambang Suharto dengan disaksikan Direksi PT Pelindo Marine Service, dan para undangan. Kapal jenis Semi Supply Vessel ini mampu berjalan dengan kecepatan 10 Knots dengan tenaga mesin 2 X 1600 HP. Selain itu kapal berjenis Harbourtug ini mempunyai system propulsi zpeller dimana kapal bisa berputar hingga 360 derajat. Di akhir Sea Trial nya, kapal milik PT Pelindo Marine Service ini menguji coba kelengkapan safety salah satunya adalah alat pemadam kebakaran dan semuanya berjalan dengan baik “dari segi kelengkapan sudah oke, mesin sudah bagus, termasuk kelengkapan safety. kapal sudah siap beroperasi.” Ujar Chairoel.

Read more
Wednesday, 29 October 2014


 

PT Pelindo Marine Service mengadakan acara Sosialisasi tentang Reception Facilities bersama Kementrian Perhubungan, Direktorat Jendral Perhubungan Laut serta Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya. Acara yang bertajuk “Sosialisasi Pengelolaan Limbah Dari Kapal di Pelabuhan Tanjung Perak” ini diadakan di Hotel Bumi Hyatt Surabaya. Perwakilan dari Direktorat Jendral Perhubungan Laut memberi sambutan sekaligus membuka acara yang di mulai dari pukul 08.30 hingga pukul 2 siang ini. beberapa pembicara di undang untuk memberikan pemahaman lebih dalam mengenai  Reception Facilities. Diantaranya dari Kementrian Lingkungan Hidup yang memberikan Materi mengenai Implementasi UU No.32 Tahun 2009 tentang Perlindungan Lingkungan Hidup serta Peraturan Pemerintah LH No. 5 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Limbah di Pelabuhan. ”Proses pengelolaan limbah bahan berbahaya & beracun (B3) yaitu dengan cara Reduksi, yaitu bagaimana limbah yang di hasilkan oleh kapal tersebut sedikit. Setelah reduksi dilakukan penyimpanan, lalu pengumpulan, pengangkutan, pemanfaatan, pengolahan dan terakhir penimbunan.”

 Direktur Utama PT Pelindo Marine Service, Moch Chairoel Anwar juga berkesempatan memberikan pemaparan kepada undangan yang sebagian besar adalah anak perusahaan Pelindo III dan user dari Reception Facilities PT Pelindo Marine Service  mengenai Fasilitas Pengelolaan Limbah dari Kapal di Pelabuhan/Reception Facilities. “Dasar hukum Kita adalah Keputusan Menteri LH No.435 tentang ijin Pengumpulan Limbah B3, Perjanjian Kerjasama Serah Kelola Reception Facility(RF) antara PT Pelindo III (Persero) dengan PT Pelindo Marine Service, No.0501/173/PIII-2012, tanggal 21 November 2012 dan terakhir dasar hukumnya adalah Surat Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak tentang Persetujuan Pengoperasian Reception Facility di Pelabuhan Tanjung Perak, oleh PT Pelindo Marine Service, No. DP/02/01/03/OPTR-14 tanggal 13 Februari” Ujar Chairoel Anwar Direktur Utama PT Pelindo Marine Service saat mengisi acara sosialisasi Reception Facility

Read more