Monday, 22 April 2019

Senin (22/4/19) PMS Group memperingati 2 acara sekaligus yaitu Hari Kartini dengan tema Kartini for the future dan perayaan HUT ke 5 PT APBS  dengan membawa tema “Fifth for the Future”.
Para pegawai pun mengenakan pakaian kebaya bagi para wanita dan batik/adat dipadu dengan blankon untuk pegawai prianya. Tentu saja hal ini menambah keseruan dan kekompakan bagi pegawai PMS Group.
Dalam acara ini dilombakan menghias tumpeng yang diikuti oleh pegawai wanita dari PT PMS, PT APBS, PT PEL, PT BMC dan juga ibu-ibu perispindo. Selain itu juga ada lomba busana wanita terbaik sebagai apresiasi kepada para wanita yang telah hadir dengan mengenakan kebaya,
Dalam acara ini disampaikan pula pemberian sertifikat "defense driving skill" bagi 2 (dua) peserta terbaik. Yaitu Siska Dian Iranti dan Dwi Bagus Giri Wardhana. Pelatihan ini sendiri ditujukan guna memberikan pembekalan yang cukup terkait teknik mengemudi serta dilengkapi dengan sertifikasi.

Read more
Monday, 15 April 2019

Senin (16/04/19) dilakukan pelatihan Defense Safety Driving bagi pegawai di PMS Group. Komitmen PMS Group dalam menjalankan manajemen safety dimana salah satu usaha pada PMS Group berhubungan dengan logistik yang membawa barang/cargo dari satu tempat ke tempat lainnya. Adapun peserta tidak hanya didominasi oleh pegawai laki-laki tetapi juga ada pegawai perempuan yang ikut ambil bagian. Hal ini selaras dengan program change management dari manajemen PMS Group.-Sigma bertindak sebagai lembaga yang memberikan pelatihan, instruktur menyampaikan "no compromise for safety" atau tidak ada kompromi untuk masalah safety.-Dengan adanya pelatihan ini diharapkan driver di PMS Group, utamanya yang berhubungan langsung dengan pelayanan jasa mendapat pembekalan serta tersertifikasi. Ditempat yang sama Direktur Utama PT PMS Eko Hariyadi Budiyanto berkesampatan untuk mencoba alat simulasi mengemudi yang disiapkan oleh instruktur sebagai bagian dari  rangkaian Training Driving safety, Training tersebut berlangsung 2 hari dimulai hari Senin tanggal 15 April 2019 sampai dengan 16 April 2019.

Read more
Wednesday, 10 April 2019

MiniCont - The Next Logistic Solution
Kontainer Masuk Desa
Rabu ini (10/04/19) program “Kontainer Masuk Desa” perdana dilakukan dengan mengirimkan sebanyak 3 (tiga) ton beras ke desa-desa di Essang yang merupakan salah satu daerah di Kabupaten Kepulauan Talaud Sulawesi Utara. Adapun sarana yang digunakan untuk melakukan pengiriman adalah “Minicont” atau mini kontainer yang merupakan salah satu produk inovasi dari salah satu anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yaitu PT Pelindo Marine Service.
Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Wisnu Handoko di Jakarta (10/4) menerangkan bahwa mini kontainer (Minicont) ini berguna untuk menjangkau wilayah-wilayah yang memiliki keterbatasan akses alat bongkar muat di Pelabuhan dan akses jalan raya. “Dengan adanya program kontainer masuk desa tentunya akan mendukung program tol laut dengan skema end to end. Dan dengan program ini diharapkan kehadiran negara akan semakin dirasakan oleh masyarakat utamanya di daerah 3TP (Tertinggal, Terdepan, Terpencil dan Pedalaman) serta dapat menurunkan disparitas harga antara Indonesia bagian Barat dan Indonesia Bagian Timur,” kata Capt. Wisnu.
Minicont ini dipilih sebagai sarana pengiriman pada program “Kontainer Masuk Desa” dikarenakan fleksibilitas dan efisiensi dari Minicont ini sendiri, dimana container ini dapat dilipat sehingga menghemat space saat dilakukan pengembalian kontainer kosong/empty. Sebanyak 3 (tiga) Minicont dapat dimasukan ke dalam kontainer ukuran 20”, sedangkan 8 (delapan) Minicont yang sudah dilipat dapat dimasukan kedalam kontainer ukuran 20”. Sehingga diharapkan dapat menjangkau pula ke daerah-daerah pelosok yang tidak dapat dilalui oleh truk-truk besar.
Direktur Utama PT Pelindo Marine Service (PT PMS) Eko Hariyadi Budiyanto menyampaikan bahwa penggunaan Minicont ini memberikan beberapa keuntungan yaitu minicont ini dapat dilipat dan dimasukan kedalam kontainer ukuran 20” dimana setiap minicont memiliki kapasitas 3 (tiga) ton. “Rencana produksi tergantung permintaan market, tapi sanggup memproduksi 1.000 kontainer dalam waktu 3 (tiga) bulan dan tidak perlu ada stuffing dan stripping lagi di pelabuhan. Bersifat end to end, dari gudang penjual ke pembeli serta sanggup menjangkau daerah terpencil,” lanjut Dirut PT PMS
Beras yang dimuat menggunakan Minicont ini akan dilakukan pemuatan ke kapal melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada Kapal Logistik Nusantara II yang di operatori oleh PT Pelni dengan tujuan Pelabuhan Bitung. Selanjutnya Minicont ini akan diteruskan kembali menuju Pelabuhan Melonguane menggunakan KM. Kendhaga Nusantara I untuk kemudian akan dialihkan lagi ke Kapal Sabuk Nusantara 95 yang merupakan Kapal Perintis ke Pelabuhan Essang.
Dengan dimulainya program Kontainer Masuk Desa ini diharapkan dapat lebih menjangkau daerah-daerah terpencil, utamanya dalam pemasokan bahan kebutuhan pokok guna mengurangi disparitas harga.
Tentang PT Pelindo Marine Service:PT Pelindo Marine Service daily called PT PMS is one of subsidiary PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) which is one of the biggest state-owned (BUMN) ports service companies in Indonesia. PT PMS as a corporate entity has a independent business in sea transportation, shipping and other maritime industries.Line of businesses in PT PMS are:1. Government Marine Services.2. Oil & Gas Services.3. Dredging & Channel Services.4. Shipbroking.5. International & NG Marine Services.6. Logistic Services.7. Port Utility & Offshore.8. Waste Management.
Contact Person:Deni Christanto - 082221944888

Read more
Tuesday, 02 April 2019

Selasa, 02 April 2019 bertempat di Hotel Sheraton Surabaya, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) melaksanakan agenda Wrokshop yang bertema Integrated Logistic, Marine and Support Service kegiatan hulu migas di wilayah PT Pelindo III, kerjasama antara PT Pelindo III dengan SKK Migas. Hadir dalam acara dari Pelindo III Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis, Direktur Teknik serta Direktur Operasi dan Komersial dan dari SKK Migas dihadiri oleh Kepala Divisi Penunjang Operasi dan Keselamatan. Dalam acara tersebut ditampilkan beberapa materi pemaparan dari Pelindo III group yang diwakili oleh masing-masing Direksi anak Perusahan PT Pelindo III, dalam hal ini PMS diwakili oleh Direktur Utama Eko Hariyadi B. Dengan adanya workshop ini diharpkan ada integrasi sehingga tercipta efisiensi guna menurunkan logistic cost.

Read more
Tuesday, 02 April 2019

Selasa, 02 April 2019 bertempat dihotel Sheraton, STIAMAK Barunawati adalah lembaga pendidikan yang dikelola oleh PT Pelindo III mengadakan acara Seminar yang bertema VTS for Safety and Efficiency. Hadir dalam undangan serta sebagai pembicara, Wakil dari PT Pelindo III Putut Sri Muljanto, Direktur Operasi dan komersial, Wim Van Hert Director STC The Netherland, Pieter Van VDC dari SAAB Technologies, Alvin Goh Director TERMA dan yang terakhir Eko Hariyadi B Direktur Utama PT PMS. Dalam acara tersebut, audiens daiajak untuk mengenal dan mengetahui fungsi maupun peran penting komunikasi VTS bagi keselamatan dunia pelayaran dan dalam menciptakan efisiensi pelayanan.

Read more
Thursday, 04 July 2019

Surabaya, Minggu 24 Maret 2019. Pukul 08.00 Wib dimulainya arak-arakan Pawai Bunga dari Start Tugu Pahlawan dan Finish SMAK Santa Maria. Pelindo III Group yang turut serta acara tersebut menampilkan Pawai Bunga, Parade Budaya dan Marching Band. Dengan tema tahun ini adalah "Puspawarni Indonesia" Pelindo III Group menampilkan pawai bunga berbentuk Lebah dengan dipenuhi rangkain bunga diseluruh bentuk dan sekelilingnya yang mana Dengan membawa tema lebah, dimana lebah ini memiliki filosofi yang luar biasa. Lebah adalah hewan yang cerdas, mampu menjaga kekompakan dan tidak suka merusak. Banyak hikmah kebaikan yang dapat diambil dari lebah. Pawai dihadiri oleh Direksi PT PMS yang mana tahun ini ditunjuk sebagai koordinator acara oleh PT Pelindo III untuk menampilkan rombongan pawai bunga dan budaya serta Marching Band dari Pelindo III Group. 

Read more